257 PPK dan PPS Ikuti Bimtek KPU Way Kanan Untuk Pembentukan KPPS
Spread the love

Lampungjaya.news, Baradatu – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Way Kanan Melaksanakan Bimbingan Teknis Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pada Pemilu Tahun 2024, Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Almer Baradatu. Minggu, (10/12/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dengan peserta PPK dan PPS Se-Kabupaten Way Kanan sebanyak 257 Orang.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan,S.H, Beserta Anggota; I Gede Klipz Darmaja,S.Ag.,M.Pd.H, Doan Endedi,S.H, Tri Sudarto,S.Pd, Noprisyah Harianto,S.Pd, Sekretaris KPU Way Kanan M.Arifin,Kasubbag dan Staff.

Kegiatan ini juga menghadirkan tiga orang pemateri berkompeten dibidangya yaitu ; Anggota Bawaslu Lekat Rizwan,S.H, Kejaksaan Negeri Way Kanan Dwi Nurul Fatonah,S.H, dan Anggota Satreskrim Polres Way Kanan Ahmad Ari Suprapto,S.H.

Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan,S.H dalam Sambutannya mengatakan, dalam perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), harus sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku, yang pastinya usia 17 Tahun S.d 55 Tahun, tidak terlibat politik.

“Pastikan nama calon KPPS tidak tercatut di Partai Politik, dan juga dukungan DPD dengan cara cek di infopemilu.kpu.go.id terlebih dahulu, serta tidak gagap teknologi, minimal bisa menggunakan smartphone, karena KPPS akan berhubungan langsung dengan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) Pemilu 2024. “Terang Ketua KPU.

Refki juga menambahkan, PPK, dan PPS wajib menfollow Akun Media Sosial mulai dari KPU RI, KPU Provinsi Lampung, dan apa yang dishare baik dari KPU RI, KPU Provinsi dan Kabupaten dapat di Repost ulang di akun sosial media masing-masing. “Jelasnya.

Lekat Rizwan sebagai pemateri pertama menjelaskan, bahwa Bawaslu selalu hadir dalam setiap tahapan pemilu, ini bertujuan untuk memastikan penyelengaraan pemilu terlaksana secara LUBER dan JURDIL.

“Dalam hal Pembentukan KPPS kepada PPK dan PPS pada Pemilu 2024 agar memparhatikan syarat menjadi KPPS dan jangan sampai melanggar ketentuan peraturan dan norma yg berlaku, “ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa KPPS dalam bertugas harus sesuai peraturan perundang-undangan.

Untuk Materi kedua sendiri disampaikan mewakili dari Kejaksaan negeri way kanan yaitu Dwi Nurul Fatonah menyampaikan, ada tiga lembaga dari unsur Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yakni Bawaslu, kepolisian, dan kejaksaan.

“Pada prinsipnya Gakkumdu bertugas untuk menangani indikasi laporan tindak pidana pemilu, baik itu pelanggaran etika, etika penyelenggara, administrasi, dan lain-lain. Agar penanganannya lebih efektif, cepat, juga sesuai dengan undang-undang. “Ungkapnya

Materi ketiga sendiri disampaikan oleh Anggota Satreskrim Polres Way Kanan Ahmad Ari Suprapto,S.H, ia menyampaikan, bahwa adanya mekanisme yang mengatur penyelesaiaan hukum yaitu Bawaslu dan KPU untuk menyelesaikan pelanggaran administrasi, untuk Kepolisian dan Kejaksaan terdapat kewenangan untuk menyelesaikan pelanggaran pidana, dan Bawaslu sendiri untuk menyelesaikan sengketa pemilu.

“Untuk perlu diketahui, jumlah pasal pidana Pemilu Terdapat 77 tindak pidana pemilu yang diatur dalam 66 pasal, yaitu pasal 488 hingga pasal 554 dalam UU Pemilu. Tindak pidana tersebut tersebar dalam setiap tingkatan atau tahapan pelaksanaan Pemilu. “Terang Ari.

Sementara itu Tri sudarto selaku Kadiv Sosdiklih, Parmas dan SDM meminta kepada PPK, dan PPS dalam Rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 diharapkan sesuai mekanisme.

“Mekanisme itu sendiri dengan memperhatikan umur tidak melebihi yang sudah di tentukan yaitu 55 tahun, sehat jasmani dan Rohani, tidak terlibat politik dan menjadi salah satu tim sukses paslon peserta pemilu 2024, KPPS harus sesuai domisili dibuktikan dengan E-KTP calon KPPS.

KPU Way Kanan membutuhkan sebanyak 10.430 orang KPPS yang tersebar di 1.490 TPS di Kabupaten Way Kanan.

“Pengumuman dan pendaftaran dimulai tanggal 11 hingga 15 Desember 2023 nanti dan pengumuman hasil seleksi calon anggota KPPS pada 29 hingga 30 Desember 2023, “tuturnya. (smsi_wk)