4 Kepala Kampung  Terpilih Kecamatan Blambangan Umpu dilantik
Spread the love

Lampungjaya.news, Way Kanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan melantik  4 Kepala Kampung (Kakam) terpilih dan TP-KKK Kecamatan Blambangan Umpu, di Balai Kampung Umpu Bhakti, Kecamatan Blambangan Umpu kabupaten setempat, Kamis (17/06/2021).

4 Kepala Kampung Terpilih tersebut terdiri dari ; Kampung Tanjung Sari : Noviansyah, Kampung Lembasung : M Helmi Ibrahim, Kampung Umpu Bhakti : Eva Sofyana, dan Kampung Sri Rejeki : Lukmadi.

Dalam arahannya Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengatakan, bahwa pengangkatan Kepala Kampung Definitif merupakan amanah untuk memimpin kampung karena dianggap mampu untuk mengemban tugas.

Oleh karena itu, hendaknya dapat menjaga amanah ini dengan penuh tanggung jawab, bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan  fungsi sebagai Kepala Kampung.

Ia menambahkan, Kepala Kampung harus mampu dan memahami kebutuhan kampung serta masyarakatnya. Adapun, proses pengangkatan Kepala Kampung telah diatur dalam peraturan Perundang-undangan, dengan mekanisme penjabat Kakam dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kemudian, lanjutnya, dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung, hendaknya perlu ditumbuh kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan, pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan. Khususnya, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di kampung harus senantiasa ditonjolkan.

“Untuk mendorong, tumbuhnya iklim demokratisasi di kalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang,” ujarnya.

“Sebagai unsur pemerintahan kampung, Kakam, dan BPK merupakan mitra dan
harus membangun komunikasi yang harmonis, bersinergi dengan tetap koordinasi maupun konsultasi, serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan,” tukasnya.

Hadir dalam pelantikan Kakam tersebut, dihadiri juga Camat Blambangan Umpu, beserta jajarannya.(red)