Saipul, S.Sos Sekda Kabupaten Way Kanan Buka Acara Gebyar Program Nasional Keamanan Pangan
Spread the love

Lampungjaya.news, Way Kanan – Pangan sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekdakab Way Kanan Saipul dalam Acara Gebyar Program Nasional Keamanan Pangan, bertempat di Almer Homestay Syarikat Kecamatan Baradatu
Selasa, ( 30/11/2021 ).

Ditambahkan oleh Saipul, Program prioritas nasional Gerakan keamanan pangan desa, pasar aman dari bahan berbahaya berbasis komunitas dan pangan jajanan anak usia sekolah tahun 2021 ini dilaksanakan oleh Badan POM yang bersinergi dengan pemerintah daerah. “Program pengawasan keamanan pangan ini harus dilakukan agar keberadaan pangan tetap terjamin aman untuk dikonsumsi,” kata Saipul.

Untuk itu Penkab Way Kanan memandang penting perlunya program keamanan pangan ini karena hal ini sesuai dengan rencana strategis pembangunan di wilayah Provinsi Lampung didalam meningkatkan status kesehatan masyarakat dan juga gizi anak.

Salah satu aspek kesehatan masyarakat diantaranya adalah dengan melakukan pengawasan keamanan pangan di pasar–pasar, di desa dan juga kegiatan preventif lainya melalui gerakan keamanan pangan desa.

Gizi yang tidak seimbang bisa menimbulkan anemia dan gangguan kesehatan lainnya seperti stunting, dan ini dapat mengganggu proses belajar anak-anak.
“Untuk itu Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Badan POM berperan didalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan gizi anak dengan cara membebaskan jajanan anak dari bahan yang berbahaya bagi kesehatan di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Semoga melalui acara Gebyar program nasional Keamanan Pangan tingkat Kabupaten Way Kanan ini, dapat dijadikan sebagai momentum untuk berperan serta dalam pembangunan kesehatan masyarakat Way Kanan Asik menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Tak lupa Saipul juga memberikan ucapan selamat kepada 4 Kampung/Kelurahan, 13 Sekolah Dasar dan Menengah Pertama serta Pasar Km.2 Blambangan Umpu yang telah mendapatkan pendampingan, bantuan Test Kit Pangan dan pengetahuan keamanan pangan yang sangat bermanfaat. (Red).