Air Laut Pasang, Puluhan Rumah Terendam Banjir Rob.
Spread the love

Lampungjaya.news, Tanggamus – Air laut pasang, puluhan rumah di daerah Kapuran Kelurahan Pasarmadang Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus terendam banjir Rob.

Air laut yang masuk ke pemukiman warga hingga mencapai ketinggian 30cm itu, juga dengan membawa material sampah yang berasal dari tepian pantai Teluk Semangka tersebut.

Menurut keterangan warga setempat, Tarsan menuturkan, air laut terlihat mulai pasang dengan ombak yang cukup besar terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

“Air laut pasang, ombaknya besar-besar, sehingga air masuk ke pemukiman warga. Ombak laut itu juga membawa material sampah dari pantai,” kata Tarsan, Sabtu (9/5/2020) pagi.

Sementara itu, Lurah Pasarmadang, Dede Chandra bersama DAN KAPAL SUDARWANTO beserta ABK, Babinsa koramil Sertu Waldi, Babinkamtibmas Brigpol Dian Dan POSAL Tasripan, dede chandra juga mengungkapkan, sedikitnya 60 rumah yang terkena banjir Rob tersebut tersebar di 3 RT, dintatanya RT 10, RT 14 dan RT 16.

“Fenomena alam semacam ini, sering terjadi pada saat terang bulan, sementara daerah Kapuran merupakan daerah pantai dan paling dekat dengan laut, jadi, ketika air laut pasang, otomatis air masuk ke pemukiman warga,” kata Dede.

Dede mengaku, meskipun hal tersebut sudah terbiasa dialami warga setempat, namun pihak Kelurahan tetap berkoordinasi dengan BPBD Tanggamus, guna mengantisipasi kejadian yang lebih parah akibat cuaca ekstrim.

“Biasanya, kalau air pasang pagi, siang sudah surut, namun meskipun demikian kita tetap harus waspada,mengingat saat ini cuaca sedang ekstrim, ditambah lagi sering terjadi hujan lebat, dikhawatirkan terjadi banjir susulan yang berasal dari sungai. Sebab daerah Kapuran merupakan daerah paling rendah di wilayah Kotaagung,” ujar Lurah.

Lebih lanjut Dede menerangkan, pihak Kelurahan tidak menindirikan posko kesehatan atau posko pengungsian, terkait banjir Rob tersebut, sebab hal itu sering terjadi dan sudah dianggap biasa oleh warga setempat, sehingga tidak ada yang mengungsi.

“Namun, bila warga ada keluhan kesehatan, bisa lapor ke posko covid-19 yang berada di Kantor Kelurahan Pasarmadang. Sebab di posko itu juga sudah ada tim medis yang berjaga,” pungkasnya. (Andi raya).