Alhamdulillah, Dinyatakan Sembuh Tiga Pasien Covid-19 Asal Tuba Barat Diperbolehkan Pulang.
Spread the love

Lampungjaya.news, Tubabarat – Ketua Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tuba Barat), Umar Ahmad, mengumumkan tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal kabupaten tersebut dinyatakan sembuh.

Kepastian ini diperoleh setelah ketiganya menjalani dua kali uji swab dan hasilnya dinyatakan negatif.

Ketiga pasien sembuh tersebut yakni Sugiarto (65 tahun) dan Darsiyem (62 tahun) keduanya merupakan pasangan suami istri warga Tiyuh persiapan Mekar Asri, Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Kemudian, Hamami (70 tahun) warga Kelurahan Panaragan Jaya.
Ketiganya merupakan pasien Corona klaster Gowa, Sulawesi Selatan, yang mengikuti kegiatan keagamaan pada 18 Maret 2020 lalu.

“Alhamdulillah, tiga orang pasien tersebut telah dinyatakan sembuh oleh tim medis RSUD Tuba Barat. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan swab terakhir, yaitu sampel yang diambil tanggal 12 dan 13 Mei 2020 lalu,” kata Bupati Tuba Barat, Umar Ahmad, saat konferensi pers di posko terpadu Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Balai Sesat Agung Bumi Gayow komplek Islamic Centre, Kelurahan Panaragan Jaya, Sabtu (16/05).

Dari hasil tersebut, lanjut Umar, ketiga pasien sudah diperbolehkan pulang ke kediamannya masing-masing. Meski demikian, dalam masa pemulihan ini mereka dianjurkan untuk tetap beristirahat di rumah selama 14 hari ke depan.

“Mereka masih tetap dalam pemantauan tim medis, dan segala kebutuhan hidupnya selama 14 hari sudah ditanggung oleh pemerintah daerah,” terang Umar Ahmad, didampingi Kapolres Tuba Barat, AKBP Hadi Saepul Rahman, Sekdakab, Herwan Sahri, Kadiskes, Majril, Inspektur Inspektorat, Perana Putra, Kaban BPBD, Nisom, serta Kadis Kominfo, Eri Budi Santoso.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuba Barat, Umar Ahmad, secara simbolis melepas kepulangan ketiga pasien tersebut kepada keluarga masing-masing.

Dengan kesembuhan ketiga pasien tersebut, selaku Ketua Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Bupati Tuba Barat, Umar Ahmad menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT dan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan pasien Covid-19, terutama kepada para tim medis.

“Selaku ketua tim saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya keras untuk kesembuhan tiga pasien ini, khususnya tim medis. Agar pasien ini tidak bertambah lagi, saya berpesan kepada masyarakat tetap melakukan disiplin sosial sesuai protokol kesehatan,” ujarnya. 

Dengan kesembuhan ketiga pasien tersebut, saat ini di Kabupaten Tuba Barat masih ada satu pasien lagi yang masih dinyatakan terkonfirmasi positif Corona dan masih dalam penanganan intensif tim medis. Pasien tersebut atas nama AH, warga Kagungan Ratu, Kecamatan Tulangbawang Udik.

“AH masih dirawat di RSUD Tubaba dan kondisinha stabil. Pasien ini akan kembali menjalani pengambilan sampel swab pada tanggal 17 dan 18 Mei 2020. Do’akan semoga hasil tes berikutnya negatif, sehingga AH juga bisa pulang kerumah,” pungkas Umar Ahmad. (And)