Aplikasi Indonesia Real Count (IRC), Aplikasi Pilkada Kabupaten/Kota 2020

Aplikasi Indonesia Real Count (IRC) adalah aplikasi yang dirancang untuk mengawal proses PILKADA tingkat Kabupaten/ Kota pada 2020 mendatang.Aplikasi ini dapat di monitoring langsung oleh semua Pihak yang ingin mengikuti perkembangan keberlangsungan proses pemungutan suara mulai dari TPS hingga proses penghitungan suara per kabupaten/kota yang akan disajikan secara real berdasarkan hasil yang dikirim oleh masing-masing petugas di setiap TPS.

Tahapan-tahapan penggunaan aplikasi ini adalah rechruitment petugas/relawan yang akan ditempatkan di setiap TPS dalam satu Kabupaten/kota dan berdasarkan jumlah TPS yang ada di wilayah tersebut ditambah 1 petugas control tingkat desa dan 1 petugas lagi di tingkat kecamatan.masing-masing akan diberikan akun dengan level penginput yaitu hanya petugas TPS yang dapat melakukan input data perolehan dan mengirim gambar hasil rekapitulasi C1 per TPS dan akun lainnya adalah petugas control/pengawas yang akan dibatasi sebagai pengontrol beberapa TPS ditingkat desa dan control beberapa desa  ditingkat kecamatan / sesuai level akun.tugas control adalah memonitoring TPS mana yang belum mengirim data versi Quick Count setelah jam yang ditentukan dan memonitor  data yang ada pada  lembar C1 yang sudah dikirim oleh petugas dengan membandingkan angka yang ada pada C1 dan data Quick Count untuk meminimalisir kesalahan input dari petugas.Disisi monitoring oleh petugas tingkat desa dan kecamatan ,Aplikasi juga memberikan warning error bila terdeteksi data tidak sesuai.Petugas-petugas dimaksud akan di ambil dari warga setempat desa dan kecamatan dimana proses pemungutan akan berlangsung dengan memenuhi persyaratan-persyaratan umum sebagaimana fungsi dan persyaratan khusus sesuai permintaan,tergantung disisi lembaga manakah aplikasi ini digunakan.

Setelah proses rechruitment diatas berikutnya memberikan pelatihan kepada petugas sebagai pembekalan lalu melantik dan meng-SK kan secara kolektif di tingkat kecamatan.masing-masing petugas akan diberikan link pendaftaran akun dengan mengisi Nama Desa, Kecamatan, Nomor TPS dimana dia akan bertugas.Pembekalan akan terus diberikan hingga proses pemungutan.Petugas monitoring akan memonitoring jumlah anggota yang terdaftar dan jumlah TPS yang ada di masing-masing desa/Kecamatan melalui aplikasi hingga data petugas dan TPS benar-benar akurat dan dapat mengajukan penghapusan petugas jika terdapat kekeliruan.Disisi monitoring Aplikasi IRC akan mendeteksi bila terdapat kelebihan petugas dari jumlah TPS yang ada di masing-masing desa serta secara otomatis menolak dan tidak merekam data  jika ada yang berusaha mendaftarkan nomor TPS ganda.Menu Registrasi pun akan di disable atau bisa dihilangkan setelah proses awal terpenuhi.

Pada H-1 Petugas mulai dapat mengirim informasi-informasi seputar PILKADA dari daerahnya melalui menu kirim gambar sebagai pemberitahuan kesiapan atau keadaan yang terjadi.Selain mengirim gambar petugas dapat mengirim informasi berupa tulisan dengan mengklik menu gear berputar diujung text yang sedang berjalan ( Menu sekilas Info),sedangkan menu Chat pada footer (baris Paling bawah) digunakan untuk mengirim pesan yang sifatnya pribadi tidak untuk ditayangkan.

PENJELASAN HALAMAN :

  1. Halaman Utama ( Index) / Home

Halaman ini menampilkan versi Live draw dimana halaman akan merubah content data sesuai hasil yang dikirim oleh petugas, halaman akan merefresh tampilannya dengan  jquery setiap 30 detik secara otomatis.Halaman ini dapat diakses tanpa akun atau oleh pihak manapun juga yang ingin mengikuti perkembangan / untuk mengetahui progress secara real.seluruh content yang ditampilkan pada halaman ini masing-masing dijelaskan sebagai berikut :

  • Baris Menu / Header

Merupakan daftar/sederetan menu yang dapat diakses sesuai level akun,angka tahun pada baris teratas akan menyesuaikan tahun pada server dimana tahun berjalan/saat ini.

  • Elemen / body
  • Gambar Paslon

Dalam contoh ini hanya bagian dari simulasi dimana mensimulasikan sebagai sampel Kabupaten Way Kanan Propinsi Lampung dengan jumlah pasangan calon 3 (tiga) dan terdiri dari Total 600 TPS.

  • Total Suara Sah Masuk

Adalah Jumlah Total Perolehan Seluruh Pasangan Calon.

  • Jumlah TPS Masuk

Merupakan penghitungan /Jumlah TPS yang sudah mengirim data Perolehan versi Quick Count.

  • Total Progres

Adalah Persentase dari Progres, dalam hal ini 600 TPS maka persentase nya jumlah TPS Masuk 6:600×100 = 1%

  • Waktu Terkini
  • Divide 3 Pasangan Calon

Menampilkan Nama Pasangan dan Persentase Perolehan suara dengan kalkulasi jumlah data yang telah dikirim oleh petugas untuk perolehan masing-masing pasangan calon yaitu  Jumlah Suara dibagi Total Suara Sah Masuk dikalikan dengan 100.

  • Side bar

  • Footer
  • Sekilas Info

Menampilkan Text berjalan yang dikirim oleh petugas TPS dan petugas control dengan mengklik gir berputar diujung tulisan tersebut.

  • Menu live chat

Untuk Mengirim pesan secara private.

  • Menu Pendaftaran / register

Menu untuk mendaftarkan akun dan data TPS.Menu ini akan dikunci setelah tahap awal terpenuhi.

  • Menu Login dan log out

Menu Login untuk masuk ke akun masing-masing petugas dan Logout untuk menghapus/destroy session.

  • Menu Card

Menampilkan Profile Petugas dan edit profile/Nama/Username/Pasword/ Phone/Photo profile.Untuk mengedit klik menu edit dalam profile.( Untuk dapat mengakses menu ini  silakan ujicoba mendaftar).

  • Quick Count

Menu yang digunakan petugas TPS untuk menginput Perolehan Pasangan Calon secara cepat setelah penghitungan.Untuk dapat mengakses menu ini  silakan ujicoba mendaftar.

  • Menu Kirim Gambar

Untuk Melakukan pengiriman gambar H-1 sebagai informasi DPT dan keadaan TPS/Informasi PILKADA lainnya.Sedangkan pada hari H digunakan untuk mengirim gambar Hasil rekapitulasi C1 yang sudah ditandatangani.

  • Menu Data Petugas

Halaman ini menampilkan data petugas Per TPS yang telah terdaftar dan dilantik sebelumnya.Halaman ini disertai  menu Absen / Check In menggunakan gambar selfie pada jam yang ditentukan untuk memonitoring petugas di TPS pada hari Pemungutan dan menu pencarian untuk menampilkan petugas berdasarkan nama desa atau kecamatan.Untuk menggunakan menu Check in / Absen dengan mengklik logo tambah gambar diujung nama petugas.Untuk mencoba menu ini  silakan  mendaftar.

  • Menu data Quick

Menampilkan List Data Hasil perolehan suara pasangan calon per TPS yang dihasilkan dari data yang dikirim petugas pada menu Quick Count.halaman ini juga disertai menu pencarian dengan memasukkan nama desa atau kecamatan untuk mengelompokkan data berdasarkan desa atau kecamatan. Untuk dapat mencoba menu ini  silakan  mendaftar.

  • Menu Rekap C1

Menampilkan daftar TPS yang telah mengirim gambar C1.Halaman ini juga menampilkan data lainnya seperti jumlah DPT  DPTb dan lain-lain serta bisa dikelompokkan berdasarkan desa atau kecamatan dengan memasukkan nama desa/kecamatan di menu pencarian.TPS yang belum / gagal mengirim gambar C1 akan menampikan gambar awan.monitoring diperlukan untuk perintah mengulang pada TPS bersangkutan. Untuk mencoba menu ini  silakan  mendaftar.

Versi ini untuk versi windows web browser (laptop dan PC).sedangkan untuk petugas TPS akan dibekali hanya menu-menu tertentu sesuai kebutuhan saja dan dalam versi android dan ios untuk mempermudah petugas dalam mengirim data.Versi android dan ios akan tersedia pada artikel dan informasi  berikutnya seputar Pilkada.Sedangkan pada versi windows ini tampilan android belum disesuaikan sehingga tampilannya kurang responsive.Kami akan berusaha untuk selalu mengembangkan  berdasarkan Permintaan dan masukan dari pengguna.

Kami mengclaim akan dapat menghadirkan Hasil dengan data yang Realcount secara cepat dan berkeyakinan selisih data dibawah angka 0,01% bahkan nyaris tidak ada berdasarkan penyebaran petugas secara merata diseluruh TPS dan atau bukan hanya mengambil sampel acak.Oleh siapapun akan dapat membandingkan data perolehan dan lembar C1 dari masing-masing TPS karena data dapat ditampilkan secara umum,sehingga kami pastikan tidak ada perselisihan dan saling tuding antar kubu pasangan calon.

Pada versi windows (Laptop/PC) dapat langsung Klik atau dengan mengetikkan alamat  https://irc.lampungjaya.net di peramban browser yang anda digunakan.Pada versi berikutnya yaitu versi android dan ios dapat diunduh langsung di Google Play Store dan Appstore.

Untuk masuk versi windows KLIK DISINI

Untuk melihat tampilan versi android VERSI MOBILE lalu tekan Ctrl + Shift + M secara bersamaan.

Akan dirlis juga Aplikasi E-voting Untuk Pemilihan Kepala Desa dalam waktu dekat

Sedangkan untuk daerah atau slah satu kandidat yang nantinya akan maju sebagai peserta Pilkada 2020 dapat segera menghubungi Tim_marketing pada situs pemberitanan /media cyber ini. Salam Indonesia !!

“Kegagalan karena tidak matangnya perencanaan,sama halnya merencanakan Kegagalan”

(Tim_Redaksi Lj-Net)