Bawaslu Mesuji Distribusikan Soal Tes Wawancara PKD kepada Panwascam
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Bawaslu Kabupaten Mesuji mendistribusikan soal tes wawancara seleksi calon Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) kepada tujuh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Mesuji, Senin 30 Januari 2023.

Soal tes wawancara tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Bawaslu Mesuji, Apri Susanto, S.Pd, S.H dalam keadaan tersegel kepada masing – masing perwakilan Panwascam sehari menjelang tes wawancara calon PKD yang akan digelar serentak mulai besok pada Selasa 31 Januari 2023.

Ketua Bawaslu Mesuji, Apri Susanto S.Pd, S.H., mengatakan, sesuai ketentuan peraturan perundangan perekrutan atau seleksi Pengawas Pemilu di tingkat desa merupakan wewenang Panwaslu Kecamatan masing – masing. tercatat sebanyak 276 orang pendaftar PKD Pemilu serentak 2024 yang dinyatakan lulus administrasi pemberkasan dan akan melanjutkan tahap tes wawancara.

“Bawaslu hanya menyiapkan soal pertanyaan yang akan ditanyakan kepada calon PKD oleh ketua dan komisioner Panwascam saat tes wawancara besok, sedangkan yang menentukan siapa calon terpilih wewenangnya Panwascam. dari 274 orang nantinya akan diseleksi menjadi 105 orang sesuai dengan jumlah desa di Mesuji,” ujar Apri Susanto seraya menyebut bahwa satu desa satu PKD.

Kemudian itu, lanjut Apri Susanto, dia berpesan dalam menyeleksi calon PKD, Panwascam wajib berpedoman pada ketentuan peraturan perundangan yakni mengacu kepada surat keputusan Bawaslu RI Nomor 49 tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tes Wawancara Seleksi Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa Pemilu Serentak 2024.

Adapun topik materi wawancara meliputi penguasaan materi tentang Bawaslu, strategi pengawasan pemilu, tugas dan wewenang Panwaslu Kelurahan/Desa, serta peraturan perundang – undangan mengenai pemilu dan kepemiluan. kemudian Integritas diri dan netralitas, Motivasi dan komitmen bekerja penuh waktu, serta kualitas
kepemimpinan, kemampuan berorganisasi dan Pengetahuan muatan.

“Panwascam dalam menyeleksi PKD jangan asal, wajib mengedepankan aturan dalam merekrut calon PKD yang dinilai dari kompetensi dan integritas yang tinggi,” imbuhnya.(san)