Berikan Akses Kemudahan Bagi Masyarakat, Bupati Parosil Resmikan Jalan Penghubung Antar Pekon
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, meresmikan jalan yang menghubungkan Pekon Sukabanjar – Pekon Tawan Suka Mulya yang berada di Kecamatan Lumbok Seminung, Sepanjang 7,8 Km, Senin (17/01/2022).

Peresmian ini diresmikan dengan pemotongan pita, yang disaksikan oleh jajaran Forkopimda, dan masyarakat setempat.

Menurut Parosil Mabsus, bukan hal yang mudah untuk melakukan pembanguan di tengah wabah pandemi covid-19. Pasalnya dari segi anggaran terbagi dengan penanganan dan pencegahan wabah, namun berkat perjuangan dan kerja keras seluruh jajaran Pemkab Lampung Barat, pembangunan ruas jalan tersebut dapat terealisasikan.

“Membangun ruas jalan yang panjangnya 5,3 Km di situasi pandemi covid-19 bukan hal yang mudah, karena membutuhkan anggaran cukup besar,”ujarnya.

Anggaran dana yang digunakan pembangunan ruas jalan sepanjang 5,3 Km itu mencapai angka 15,3 milyar. Sementara lanjutan pembangunan yang akan dilakukan tahun 2022 ini sepanjang 2,5 Km dengan anggaran dana mencapai delapan milyar.

Dijelaskan juga oleh Parosil Mabsus, membangun jalan adalah salah satu program Pemerintah Daerah Lampung Barat, guna memajukan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Selain itu, pembangunan dibidang pendidikan dan kesehatan juga tidak kalah penting.

“Fungsi jalan ini adalah langkah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lampung Barat.

Tidak terkecuali di Kecamatan Lumbok Seminung, sebab di wilayah ini terdapat objek wisata Danau Ranau yang dapat dikunjungi wisatawan, maka dengan pembangunan jalan ini akan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Parosil Mabsus juga mengingatkan kepada masyarakat untuk
Memanfaatkan sebaik-baiknya dan pelihara jalan penghubung Pekon Sukabanjar – Tawan Suka Mulya ini, sebab yang sulit itu menjaga dan merawat, jangan semua jalan ini diserahkan ke pemerintah saja tanpa partisipasi masyarakat.

Hasnil Basar salah seorang tokoh masyarakat setempat juga berharap kepada Pemkab Lampung Barat, ruas jalan tersebut dapat dilanjutkan pembangunannya hingga kabupaten tetangga, yakni Kabupaten Pesisir Barat.

Hasnil Basar menuturkan, bahwa ia siap mendukung seluruh program Pemkab Lampung Barat di Bawah Kepemimpinan PM.
“Kami selalu mendoakan bapak Bupati dan Wakil Bupati dapat melanjutkan pembangunan di tahun 2024 mendatang,”ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Unsur Forkopimda Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri, Perwakilan Polres Lampung Barat, Kepala Kementerian Agama Maryan Hasan, Kepala Pengadilan Agama, Kepala Pengadilan Negeri Liwa, Staf Ahli Bupati, Assisten, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Lumbok Seminung, Peratin serta masyarakat setempat.(ipung)