Bermain dipinggir Kanal Irigasi, Seorang Bocah Jatuh Tenggelam Hingga Meninggal Dunia
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Peristiwa tenggelamnya Zaki (10) pada saat bermain air di pinggiran kanal irigasi (primer), Desa Tanjung Mas Mulya, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji.

Menurut Kapolsek Mesuji Timur Iptu Heri Ramanda yang mewakili Kapolres Mesuji AKBP Alim S.H, S.IK kronologi tenggelamnya Zaki terjadi pada hari Sabtu (7/8/2021) Sekitar pukul 10.30 WIB. Menurutnya berdasarkan keterangan tetangga korban, yaitu Lisdiana bahwa korban pada saat itu dilihat sedang bersama teman-temannya bermain air di pinggiran kanal irigasi (primer) Desa Tanjung Mas Mulya.

“Melihat hal tersebut kemudian Lisdiana memberi tahukan orang tua korban bahwa anaknya tersebut sedang bermain air di pinggiran kanal. Kemudian pukul 14.00 WIB ibu korban mulai mencari korban, tetapi tidak menemukan anaknya, tetapi ibunya tersebut hanya menemukan pakaian korban berada di pinggiran kanal besar, “ungkap Iptu Heri Ramanda. Minggu, (8/8/2021).

Menurut Kapolsek Mesuji Timur Iptu Heri Ramanda bahwa Zaki berusia 10 tahun dan merupakan warga Desa Tanjung Mas Mulya, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji.

Hafis (15) yang merupakan teman korban mengatakan pada saat itu Hafis dan teman-temannya, beserta dengan korban yaitu Zaki sedang bermain di bekas kapal speed boad yang sudah rusak dan tidak terpakai yang terletak di kanal besar Desa Tanjung Mas Mulya.

Pada saat itu Hafis melihat korban terpeleset, dan jatuh ke kanal besar tersebut. Hafis dan teman-temannya mencoba untuk menolong tetapi tidak bisa, sehingga Hafis dan teman-temannya pulang kerumah.

Menurut Kapolsek Mesuji Timur Iptu Heri Ramanda bahwa tim gabungan dari Polsek Mesuji Timur, BPBD Kabupaten Mesuji, Tim BASARNAS Kabupaten Tulang Bawang, Aparatur Desa Tanjung Mas Mulya, keluarga korban, dan seluruh masyarakat Desa Tanjung Mas Mulya bersama sama melakukan pencarian, dan mengevakuasi korban dengan menggunakan perahu karet untuk dibawa ke rumah orang tua korban.

“Pencairan korban dilakukan sejak hari Sabtu (7/8/2021) sejak pukul 14.00 sampai dengan ditemukannya korban pada hari Minggu (8/8/2021), pukul 07.05 WIB oleh tim gabungan. Pihak kepolisian saat ini sudah melakukan langkah-langkah dalam upaya penanganan korban yang tenggelam, dengan melakukan pengecekan di TKP korban tenggelam, dan menghubungi tim BPBD Kabupaten Mesuji dan Tim BASARNAS Kabupaten Tulang Bawang, “ungkap Iptu Heri Ramanda

Hari Minggu, 08 Agustus 2021 sekitar pukul 07.05 WIB. Korban yang tenggelam terlihat mengapung ke permukaan kanal irigasi yang berjarak kurang lebih 200 meter dari tempat korban tenggelam. Saat ditemukan korban dalam keadaan meninggal dunia dan sudah dimakamkan di tempat pemakaman Desa Tanjung Mas Mulya

Menurut Iptu Heri Ramanda mewakili tenaga kesehatan, dan mewakili Kepala Puskesmas Tanjung Mas Makmur bahwa tidak ditemukan pada korban adanya luka ataupun tanda-tanda kekerasan. “Kami juga mengucapkan bela sungkawa, dan rasa kepedulian dengan memberikan tali asih berupa sembako kepada keluarga korban, dan langsung diterima oleh bapak kandung korban,” tutupnya.(rian)