Budi Utomo : KTN Menciptakan Masyarakat Tangguh Dimasa Pandemi
Spread the love

Lampungjaya.news, Kotabumi – Dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara (KTN) bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang tangguh diberbagai bidang, dalam menghadapi segala situasi. Ungkapan ini disampaikan Plt. Bupati Lampung Utara (Lampura) Budi Utomo, dalam sambutannya pada acara launching KTN yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Lampura di Desa Sumber Arum Kecamatan Kotabumi, Rabu (15/07).

“Masyarakat di desa ini diharapkan menjadi masyarakat yang tangguh dalam bidang kesehatan, sosial ekonomi, keamanan, terutama dibidang ketahanan pangan dalam menghadapi pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir,” kata Budi Utomo. 

Dijelaskannya, KTN merupakan program nasional, yang laksanakan sesuai arahan dari Kapolri Jenderal Idham Azis. Program ini dinilai cukup berhasil dalam mencegah penyebaran Covid -19, sekaligus dalam menanggulangi dampak pandemi di masyarakat.

Melalui launcing KTN ini, lanjut Budi, diharapkan bisa menjadi contoh untuk desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Lampura.

“Apa yang telah dilaksanakan di Desa Sumber Arum ini agar dapat diikuti oleh desa-desa lainnya di Lamlpung Utara,” harapnya. 

Dalam kesempatan itu, Plt. Bupati juga menyampaikan apresiasinya serta penghargaan kepada jajaran Kepolisian Republik Indonesia yang telah bersinergi dengan Pemkab Lampura dalam memerangi covid-19.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran Polres Lampung Utara yang selama ini selalu berperan aktif dalam penanganan dan pencegahan pandemi cocid-19. Pemerintah Daerah Lampung Utara tentunya sangat mendukung program positif ini,” ujar budi utomo.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kapolda Lampung, Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si yang diwakili Dir Binmas Polda Lampung, Kombes Pol Anang Triarsono, S.I.K, M. Si. mengatakan, KTN harus terus terbentuk untuk menghadapi dampak dari pandemi covid-19 yang saat ini masih terus melanda dan belum diketahui kapan akan berakhir.

“Melalui program Kampung Tangguh Nusantara ini, masyarakat diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangannya tanpa harus bergantung kepada bantuan pemerintah atau pihak lainnya,” kata Anang. 

Acara yang digelar di lapangan Desa Sumber Arum ini dihadiri oleh Kapolres Lampung Utara AKBP Bambang Yudho Martono, S.I.K, M. Si.,  Dandim 0412/LU yang diwakili Pa Sandi Letda Santoso, PJU Polres Lampura, Camat Kotabumi, Nujum Masya, serta Lurah dan  Kepala Desa se-Kecamatan Kotabumi.

Didampingi Kades Sumber Arum, Gabriel Bintoro bersama tokoh dan masyarakat setempat, rombongan Plt. Bupati bersama Dir Binmas Polda Lampung melakukan pengecekan ke titik-titik elemen pendukung KTN. Lalu acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon ke udara tanda di launchingnya KTN. (And)