Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus Resmikan PLTM Batu Brak PT. Tiga Oregon Putra

Lampungjaya.news, Liwa – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro (PLTM) Batu Brak PT. Tiga Oregon Putra (TOP), bertempat di di Power House (PH) PLTM Batu Brak, Dusun Way Kuwol, Pekon Kegeringan, Kecamatan Batu Brak, Senin (18/07/2022).

Nampak hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Anggota DPRD Sugeng Hari Kinaryo, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Polres Lampung Barat, Kepala Perangkat Daerah, Camat Batu Brak, Peratin Pekon Kegeringan, Direksi PT. Tiga Oregon Putra, Mustakim, General Manager PT. PLN UID Lampung, Imawan.

Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dalam sambutannya mengatakan, hadirnya investasi di sebuah daerah itu pasti saling menguntungkan, baik untuk perusahaan maupun untuk Pemerintah Kabupaten.

Oleh karena itu kepada seluruh masyarakat harus mempunyai daya dukung yang sama antara PT. Top dan juga Pemerintah untuk kemajuan PLTM ini.

“Hadirnya sebuah perusahaan untuk masyarakat akan diharapkan berdampak dari investasi yang dibangun oleh perusahaan.

Seperti adanya lapangan pekerjaan, roda perekonomian akan bergerak dan potensi yang dimiliki sebuah daerah pasti akan memaksimalkan, termanfaatkan, dalam rangka menciptakan sebuah kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Parosil.

Masih menurut Parosil Mabsus, hadirnya PLTM Batu Brak ini juga bisa mengurangi defisit energi yang hari ini dirasakan oleh pemerintah, paling tidak mempunyai kontribusi walaupun mungkin kapasitasnya masih sangat minim, yakni baru 2 X 3,85 MW.

Parosil Mabsus juga berharap
dengan beroperasionalnya PT.TOP ini mudah-mudahan nanti Corporate Social Responsibility atau CSR-nya bisa memberikan perhatian dan kepedulian kepada masyarakat di sekitarnya.

Sementara itu Direksi PT. Tiga Oregon Putra, Mustakim mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas peran dan dukungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan seluruh masyarakat, sehingga pembangunan PLTM ini dapat diselesaikan selama tiga tahun dan dapat dioperasionalkan awal bulan Juli 2022.

“Pihak perusahaan telah memperkerjakan 230 karyawan, 200 diantaranya tenaga kerja lokal, 30 lainya tenaga teknis dari luar daerah.

Kami berharap dengan hadirnya PLTM ini dapat menjadi lumbung listrik, sehingga Lampung Barat bisa menjadi Kabupaten mandiri mempunyai energi baru,” ujarnya.

Kontribusi dari PLTM PT. Tiga Oregon Putra adalah, yakni mengutamakan semuanya dari masyarakat lokal, jadi target dalam satu tahun semua dioprasikan oleh masyarakat lokal.

“Kami akan memperkerjakan masyarakat lokal sesuai program arahan dari bupati, dan perusahaan juga telah dikontrak selama 25 tahun oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, dan akan programkan CSR untuk masyarakat,” tegas Mustakim.(*/ipung)