Bupati Parosil Lantik 165 Orang Pengurus PMI Lampung Barat

Lampungjaya.news, Liwa – Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus, melantik 165 orang pengurus Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kecamatan se – Lampung Barat, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu Rabu ( 24/11 ).

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Lampung Barat, Edi Novial S.Kom, yang juga Ketua PMI Kabupaten Lampung Barat Waka Polres Lampung Barat, Kompol. Poeloeng Arsa Sidanu, S.Ik
Anggota Bambang Duwi Saputra, SH, Dandim 0422/LB Kajari Lampung Barat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lampung Barat, 15 Camat, Pengurus PMI Kabupaten Lampung Barat.

Dalam sambutannya Parosil Mabsus mengatakan, momentum pelantikan ini sangat penting, terutama untuk kemanusiaan. Pelantikan jajaran pengurus PMI di tingkat kecamatan.
“tidak semua kabupaten melakukan gerakan seperti ini, tetapi Kabupaten Lampung Barat sudah melakukan langkah yang begitu cepat dan strategis dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang kemanusiaan,” kata Parosil Mabsus.

PMI terbentuk dan lahir tidak jauh dari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sementara itu terbentuknya PMI pada tanggal 17 September 1945 di bawah pimpinan Mohammad Hatta Tugas PMI Memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat tanpa membedakan ras politik dan juga agama,
” Oleh karena itu bagi Pengurus PMI Kecamatan yang telah dilantik, dapat memberikan kontribusi nyata memberikan pelayanan kemanusiaan,”ujar Parosil Mabsus.

hal ini sejalan dengan program pembangunan Kabupaten Lampung Barat, yakni program Kabupaten Tangguh Bencana. Sehingga Petugas PMI Kecamatan harus memiliki wawasan yang luas dan keterampilan di lapangan, maka harus mampu memahami materi wawasan dan cara bertindak di lapangan, sehingga PMI Kecamatan ini betul-betul tangguh di lapangan dalam situasi yang sangat sulit.

Ketua PMI Lampung Barat, Edi Novial S.Kom juga menambahkan, tugas PMI adalah Tugas Kemanusiaan, sebagai contoh, kegiatan donor darah, untuk masyarakat yang memerlukan darah. Selaku pengurus PMI Kecamatan harus siap dan tanggap dalam menanggulangi bencana dalam membantu masyarakat yang butuh pertolongan, dengan tidak memandang suku, agama dan latar belakang keluarganya.

Dimasa Pandemi Covid 19, PMI Lampung Barat juga telah melaksanakan Vaksinasi terhadap masyarakat sebanyak 8.000 Dosis Vaksin.(ipul)