Bupati Saply Resmi Lantik 57 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak 2021
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji, Kamis (18/11/21) melaksanakan Pelantikan 57 Kepala Desa terpilih.

Kegiatan yang digelar di lokasi Gedung Serbaguna Taman Kehati Mesuji ini dihadiri Forkopimda Kabupaten Mesuji, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah, dan Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji, Pimpinan Instansi Vertikal yang ada di Kabupaten Mesuji serta 57 Kepala Desa yang akan dilantik.

Bupati Mesuji, H. Saply TH dalam sambutannya menyampaikan, berbagai tahapan-tahapan pilkades yang dilalui merupakan sebagai sebuah perwujudan demokrasi masyarakat desa yang telah dilaksanakan dengan tertib, baik dan aman.

“Meskipun tidak dapat dipungkiri, kendala itu tetap ada, tapi masih dalam ambang kewajaran proses demokrasi,” ujar Bupati Mesuji.

Untuk itu, ia mengajak kepada Kepala Desa terpilih, untuk tidak hanyut pada euforia kemenangan saja, akan tetapi untuk segera mempelajari aturan-aturan hukum yang terkait dengan pelaksanaan tugas sebagai Kepala Desa sehingga dapat langsung melaksanakan tugas, dengan mengacu RPJMDes, yang memuat visi-misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program, serta dilaksanakan secara partisipatif melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.
Ia melanjutkan, pemerintah desa sebagai unsur terdepan yang harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif dan efisien dan tentunya mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting.

“Seiring perkembangan teknologi dan juga dinamika dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah desa dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat. Pemerintah desa menjadi salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah,” imbuhnya.
Menurut Saply, keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepemimpinan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahannya.

“Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Mesuji, saya ucapkan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Kepala Desa yang memasuki masa purna bhakti, atas jasa dan pengabdiannya selama memimpin,” ucapnya.

Selanjutnya, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih atas upaya dan kerja keras para anggota BPD, panitia pemilihan, baik dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten, serta pihak POLRI dan TNI yang telah mengamankan pelaksanaan tahapan Pilkades ini.

“Sehingga terciptanya suasana yang kondusif, aman dan damai dan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak.

“Selanjutnya, perkenankan saya untuk mengucapkan selamat kepada para Kepala Desa yang hari ini dilantik. Dengan harapan, semoga pelantikan hari ini dapat menjadi sebuah awal pengabdian diri kepada bangsa, negara dan warga masyarakat desa pada khususnya, demi terwujudnya kesejahteraan untuk semua masyarakat desa,” tutup Bupati Mesuji.
Usai sambutannya, Bupati Mesuji didampingi Wakil Bupati dan Kadis DPMD Mesuji melaksanakan pelantikan kepada 57 Kepala Desa Terpilih dengan menyematkan pining kebesaran bertanda bahwa Kepala Desa Terpilih resmi menjabat sebegai Kepala Desa di Desa masing masing. (*/Rian)