Cegah Penyebaran DBD, Polres Lampung Barat Dan Puskesmas Lakukan Fooging Di Pemukiman Warga
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Jajaran Polres Lampung Barat bekerja sama dengan dinas kesehatan Lampung Barat melakukan Fooging pada pemukiman masyarakat untuk mencegah penyebaran DBD. Sabtu (27/04/2024).

Penyemprotan dilaksanakan di berbagai titik yang terindikasi adanya sarang nyamuk di pemukiman warga Kelurahan Tugu Sari kecamatan Sumber Jaya kabupaten Lampung Barat.

Seperti yang diketahui bersama, DBD merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang hidup didaerah tropis dan subtropis.

Kapolres Lampung Barat Akbp Ryky Widya Muharam, S.H., S.Ik menjelaskan, kegiatan penyemprotan ini sebagai langkah pencegahan terjadinya penyebaran demam berdarah.

“Pencegahan yang kami dilakukan ini adalah tindakan pengasapan dengan bahan Insektisida Malation yang bertujuan membunuh nyamuk khususnya pembawa penyakit DBD,” kata Kapolres.

“Kegiatan ini nantinya akan kami lakukan serentak diwilayah kecamatan lainnya dengan berkordinasi dengan dinas kesehatan, karena wabah ini cukup menyita perhatian kita semua.” Imbuhnya

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan kepada warga, jika fogging hanyalah salah satu langkah pencegahan untuk membunuh nyamuk dewasa.

Sedangkan untuk telur, larva dan jentik hanya efektif dengan tindakan 3M (Menguras, Menutup dan Mendaur ulang).

“Sebaiknya masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan pola 3M. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak menjadi sarang nyamuk,” ujarnya.

Cuaca yang tiba-tiba hujan dan panas terik, tidak menutup kemungkinan juga menjadi faktor rentannya penularan penyakit DBD.

Untuk itu dihimbau untuk masyarakat tetap menjaga kesehatan dan mencukupi kebutuhan gizi yang baik, bila perlu juga mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. (*/ipung)