Cegah Wabah DBD, Kampung Tanjung Raja Sakti ajak Warga Giat PSN.

Lampungjaya.news, Way Kanan – Masyarakat Kampung Tanjung Raja Sakti, Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan, beserta unsur kecamatan dan Babinsa melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Rabu, (5/2).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari adanya Surat Edaran Bupati Way Kanan, No. 441/94/IV.02-WK/2020, tentang Kewaspadaan Dini penyakit DBD.

Kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan 3 M, yakni, menguras, menutup dan menimbun barang- barang yang tidak berguna dan mampu menampung air.

Pertumbuh kembang biak nyamuk Aedes Aegypty, adalah ditempat-tempat bersih, seperti di panampungan bak mandi, barang bekas, dan di dalam rumah.

Dalam keterangannya Kepala Kampung Tanjung Raja Sakti Yan Mintarsih mengatakan , kegiatan ini dilaksanakan di perumahan masyarakat, tim yang turun dengan dibantu oleh masyarakat, langsung melaksanakan pembersihan dan penimbunan barang-barang bekas.

“kami bersama dengan masyarakat, langsung melaksanakan pembersihan, baik di Siring, maupun pembuangan air rumah tangga, serta menguras bak penampungan, selanjutnya menutupnya, agar nyamuk tidak berkembang di tempat tersebut,” kata Yan Mintarsih.

Menurutnya, selama ini, kesadaran masyarakat Kampung Tanjung Raja Sakti, dalam menjalankan pola hidup sehat telah tertanam dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kegiatan PSN ini, tidak asing, dan dapat dijalankan dengan penuh kesadaran.

“Prinsip kami adalah lebih baik mencegah daripada mengobati, oleh karena kebersihan dan kesehatan lingkungan sedini mungkin dapat dilaksanakan sejak awal, apalagi menghadapi musim penghujan ini, semoga dengan adanya PSN ini, Kampung Tanjung Raja Sakti, terbebas dari demam berdarah,” ujar Yan Mintarsih. (Narto).