Dihadapan Inspektorat Jenderal Kemendagri, Pj Bupati Nukman Paparkan Evaluasi Kepala Daerah Triwulan III
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Sederet progres capaian keberhasilan sekaligus tindak lanjut catatan evaluator evaluasi triwulan II pada 19 Juni 2023 lalu, dibeberkan Penjabat (Pj) Bupati┬áLampung Barat Drs. Nukman M.M saat melakukan pemaparan evaluasi kepala daerah triwulan III tahun 2023.

Diketahui, pemaparan evaluasi kepala daerah triwulan III tahun 2023 berlangsung di Inspektorat Jendral Kemendagri Jalan Medan Merdeka No.7 RT.2/RW.1 Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, Jum’at (15/09/2023).

Didampingi Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah. Nukman memaparkan dengan detail sejumlah progres keberhasilan yang berhasil dicapai Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dibawah kepemimpinannya.

Diantaranya, capaian kinerja aspek Kepemerintahan.Terkait penanganan stunting, ia mengatakan Kabupaten Lampung Barat mendukung penuh program Nasional penurunan stunting.

“Berdasarkan data Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) pada bulan Februari dan Agustus 2023 Jumlah Balita Stunting terjadi penurunan dari 1.058 menjadi 888,” jelasnya.

Nukman menjelaskan, salah satu langkah jontor yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam penurunan stunting, yakni gerakan bapak asuh. Dimana sampai dengan saat ini terdapat empat anak asuh dengan kondisi berat badan dan tinggi badan tidak sesuai dengan umur.

Terkait infrastruktur, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menganggarkan infrastruktur di tahun 2023 sebesar 317 Milyar lebih atau sebesar 38,98% dari total Anggaran Pendapatan Badan Daerah (APBD).

“Pemantapan jalan dari total panjang jalan 724 KM, kondisi jalan mantap sudah mencapai 63,45 %,” terangnya.

Lalu, capaian kinerja aspek pembangunan, orang nomor satu di Kabupaten Lampung Barat itu menyampaikan, tentang hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan (kontribusi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pada APBD) bahwa dengan 8 September 2023, realisasi atas hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan adalah 5.6 Milyar lebih, atau 85,36%, dari target 6.6 Milyar.

Terakhir, capaian kinerja aspek kemasyarakatan, dirinya menuturkan, sejauh ini peran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat antara lain diwujudkan dengan mengeluarkan surat edaran tentang Penegakan Peraturan Daerah (Perda) kawasan tanpa rokok, serta melaksanakan rapat dalam rangka pengawasan prostitusi, pengawasan sampah dan pengawasan (Izin Mendirikan Bangunan (IMB). (Ipung)