Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Berikan Penghargaan Kepada Badan Pusat Statistik Atas Inovasi Kemudahan Layanan Data
Spread the love

Lampungjaya.news, Bandar Lampung – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung Achmad Saefulloh memberikan Penghargaan kepada Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Atas Parlindungan Lubis, di Ruang Command Center Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Kamis (04/04/2024).

Achmad Saefulloh menerangkan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada BPS Lampung atas kemudahan layanan data melalui inovasi Pelayanan Publik “TALITA” (TAnya onLIne Tentang daTA) dalam mendukung Kinerja Walidata Pemerintah Provinsi Lampung Tahun 2023.

Untuk itu Achmad Saefulloh mengucapkan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada BPS Provinsi Lampung sebagai Mitra Kerja dalam dalam mensukseskan Program Satu Data Indonesia.

“Kominfo ini kan sebenarnya hanya sebagai mediator yang mana data-datanya dihimpun dari Dinas-dinas yang ada, oleh karenanya kami bersinergi secara terus menerus bersama BPS dan Pusdatin dan pihak-pihak terkait lainnya,” ucapnya.

Achmad Saefulloh juga menyampaikan bahwa pada 2023 lalu, Kominfotik Provinsi Lampung memperoleh penghargaan Terbaik Dalam Pemanfaatan Utilitas Pusat Data Nasional Tingkat Provinsi Tahun 2023, yang diberikan oleh Kementerian Kominfo.

“Data-data BPS telah menjadi acuan dalam pemberitaan-pemberitaan dan publikasi dari Kominfo dan Media-media, kemudian dikolaborasikan dengan data-data yang kami miliki sehingga menjadi lebih bersinergi,” ungkapnya.

Lebih jauh Achmad Saefulloh menerangkan bahwa data statistik yang ada saat ini adalah untuk kalangan menengah keatas, data-data tersebut tidak bisa dibaca langsung oleh kalangan menegah kebawah.

“Masyarakat yang secara keilmuannya kurang, mungkin tidak bisa memahami data-data tersebut, mereka tahunya kan ini naik itu naik, Jadi dengan adanya TALITA ini adalah terobosan yang sangat bagus, mudah-mudahan kita dapat terus berkolaborasi dan bersinergi,” ungkap Achmad Saefulloh.

“Oleh karenanya kami berikan penghargaan ini atas inovasi dan kinerja BPS Provinsi Lampung dalam mendampingi kita dalam pelayanan publik dan pelaksanaan Program Satu Data Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu Kepala BPS Provinsi Lampung Atas Parlindungan Lubis mengatakan bahwa tugas Kominfo dan BPS untuk berkolaborasi memang sudah sangat jelas, dan dasar hukumnya adalah Perpres, dimana Kominfo bertugas sebagai Walidata, BPS sebagai pembina dan stakeholder yang lain adalah sebagai produsen dan Bappeda sebagai Sekretariat Satu Data Indonesia, oleh karenanya kolaborasi ini harus terus diperkuat.

“Posisi kita sudah sangat jelas, kolaborasi kita harus terus diperkuat, sehingga satu data itu nanti menjadi impian kita bersama, itu yang akan terus kita kembangkan bersama,” tuturnya.

Atas Parlindungan Lubis juga mengingatkan kembali bahwa statistik sektoral adalah salah satu yang menjadi penilaian kinerja Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Oleh karenanya IPS (Indeks Pembangunan Statistik) Provinsi Lampung harus diatas 2.6, semoga hal itu bisa tercapai dengan kita terus berkolaborasi, dengan semangat yang sama, dan dengan optimisme yang kuat semoga dapat kita raih nanti,” ungkapnya.

Kemudian Kepala BPS Lampung juga mengucapkan apresiasi atas penghargaan yang diberikan oleh Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, menurutnya hal tersebut membuktikan bahwa inovasi dan program yang ada saat ini dipandang postif oleh stakeholder.

“Kami saat ini sedang memperjuangkan salah satu inovasi ketingkat Nasional, walaupun ini secara internal, tapi kalau nanti ini lolos di internal BPS, akan diikutkan di kompetisi Nasional yang dikelola oleh Menpan RB, kemudian dengan adanya penghargaan ini akan menambah optimisme kami, sekali lagi terimakasih kepada Dinas Kominfotik Provinsi Lampung atas penghargaannya semoga kerjasama dan kolaborasi kita dapat berlanjut tanpa kendala, dan terus berproses hingga sampai pada titik yang maksimal,” tutupnya. (LJ).