DPK LPAKN-RI PROJAMIN, Desak Disdik Tulang Bawang Beri Sanksi Tegas Kepada Oknum Kepsek SMPN 3 Penawartama
Spread the love

Lampungjaya.news, Tulang Bawang – Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Lembaga Pemantau Aset dan Keuangan Negara Republik Indonesia (LPAKN-RI) Profesional Jaringan Mitra Negara (PROJAMIN) Tuba, Beny Setiawan mendesak Dinas Pendidikan Kab, Tulang Bawang, untuk memberikan sanksi tegas terhadap oknum Kepala Sekolah (Kepsek) yang diduga selewengkan Dana BOS sekolah SMPN 3 Penawartama, bila perlu copot dari jabatannya. Jumat, (10/11/2023)

Desakan itu dilontarkan oleh Ketua DPK LPAKN-RI PROJAMIN tuba, dan sejumlah Awak media di dalam Kantor Dinas Pendidikan Kota Menggala Kab, Tulang Bawang, Prov, Lampung, Rabu (08/11/2023).

Menurut Beny dan kawan-kawan awak media menemukan adanya indikasi Dugaan penyimpangan dana BOS yang sengaja dilakukan oleh oknum kepala sekolah berinisial ‘JM’ untuk memperkaya diri sendiri, karena golongan Ini merupakan perilaku yang tidak terpuji.

“Kepala Sekolah berinisial ‘JM’ tersebut memiliki rekam jejak buruk beberapa tahun terakhir, dibuktikan dengan merebaknya indikasi penyalahgunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2020–2021 sampai 2023 saat beliau menjabat Kepala Sekolah Menengah Pertama di SMPN 3 Penawartama, wilayah Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung”, pungkas Beni.

“Segala bentuk lanjutnya, indikasi penyelewengan dan penyalahgunaan dana BOS yang pernah beliau lakukan masih tersusun rapi dalam arsip kami, sehingga viralnya pemberitaan di puluhan media online dan cetak dengan dugaan penyimpangan dana BOS sekolah SMPN 3 Penawartama, tempat JM menjabat sekarang menjadi bukti konkrit, kalau dunia pendidikan butuh tindakan tegas dari Disdik setempat agar hal serupa tidak terjadi di sekolah lain,” tegas, Beny Setiawan yang didampingi rekan-rekannya.

Usai meluapkan kekecewaan atas ulah oknum Kepsek tersebut melalui kunjungan di dalam Kantor Dinas Pendidikan Tuba Rabu (08/11/2023), Ketua DPK LPAKN-RI PROJAMIN Tuba beserta rekan rekannya, diterima langsung Kepala Dinas Pendidikan Holil Stan Tulin yang diwakili oleh Kabid SMP Firdaus dan para staf yang berada di ruang kerjanya.

Dalam kesempatan itu Firdaus Kabid SMP Dinas Pendidikan Tuba, tak lupa berterima kasih kepada Ketua DPK LPAKN-RI PROJAMIN Tuba dan rekan rekannya, yang telah memberikan perhatian penuh serta informasi kepada pihaknya terkait persoalan di dunia pendidikan kab. Tulang Bawang khususnya di Penawartama.

“Saya ucapkan terima kasih atas informasi ini, saya berjanji akan memanggil oknum Kepala Sekolah SMPN 3 Penawartama berinisial ‘JM’ tersebut untuk dimintai keterangan dan pertanggungjawabannya sesuai fakta dan bukti yang rekan rekan sampaikan. Kalau memang terbukti kita beri sanksi tegas, ”ungkap Firdaus singkat. (**)