Fasilitasi Lansia Agar Selalu Sehat, Bupati Dewi Handjani Canangkan Gemes Lansia di Kabupaten Tanggamus

Lampungjaya.news, Tanggamus – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menghadiri Pencanangan Gemes Lansia (Gerakan Memeriksa Kesehatan Lansia) di Kabupaten Tanggamus, Selasa (7/9/21).

Dalam kegiatan yang ditempatkan di Puskesmas Talang padang ini, Bupati didampingi Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Camat Talangpadang Agustam Hamid dan Kepala UPT Puskesmas Talang padang dr. Eka Priyanto.

Kegiatan ini diikuti secara virtual meeting oleh Sekdakab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Asisten Bidang Ekbang Sukisno, para Kepala OPD, serta Camat dan Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Tanggamus.

Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya dari Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam memfasilitasi lansia agar selalu sehat, baik secara fisik maupun psikologis, dalam rangka meningkatkan angka harapan hidup para Lansia di Kabupaten Tanggamus.

“Mudah-mudahan ini berjalan dengan baik, memberikan manfaat dan menjadi upaya kita bersama, agar bagaimana caranya ini menjadi program yang bersinambungan dan bermanfaat, serta bisa dirasakan oleh masyarakat, terkhusus bagi para lansia,” harap Bupati.

Ditambahkan Bupati, bahwa melalui program tersebut, diharapkan agar lansia yang memiliki penyakit yang serius dan kronis, seperti; hipertensi, diabetes, jantung, kolesterol, maka dapat terpantau dan dapat segera ditangani.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, menerangkan bahwa pendampingan lansia dilakukan seumur hidup terhadap lansia. Berupa pemberian fasilitas pelayanan kesehatan secara homecare, ataupun ke fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Lebih lanjut Taufik menyatakan bahwa kedepan, pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah pekon dalam pendampingan terhadap lansia, yang melibatkan kader kesehatan, keluarga dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Dewi Handajani memberikan tali asih kepada para lansia yang hadir.

Selanjutnya Beliau juga melakukan kunjungan ke rumah tiga orang lansia, yang sudah dalam kondisi tidak dapat berjalan, yakni Ibu Partini, Ibu Husna dan Bapak Musamman, di Pekon Sukanegeri Jaya, Kecamatan Talang padang. (*/Rizal)