Gelar Temu Teknis Penyuluh Pertanian, Adipati Berharap SDM dalam Bidang Pertanian Bisa Lebih Meningkat

Lampungjaya.news, Way Kanan – Kartu Petani Berjaya, merupakan program Gubernur Lampung, bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Dikatakan oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya dalam sambutannya di kegiatan Temu teknis Penyuluh Pertanian Kabupaten Way Kanan, yang digelar Hotel Grand Sinar, Bumi Ratu, Kecamatan Umpu Semenguk, Way Kanan. Rabu (19/01/2022).

Saat ini banyak program prioritas Kementerian yang dapat diadopsi oleh Kabupaten Way Kanan seperti Food Estate (kawasan Pangan) Smart Farming, P4S, Integrated Farming serta OPIP.

Untuk itu, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, kiranya dapat meningkatkan kerjasamanya dengan instansi vertikal dan perguruan tinggi serta lembaga-lembaga penelitian lainnya.

“Dengan cara ini, yakin dapat membantu dalam upaya membangun Kabupaten Way Kanan. Khususnya di Bidang Pertanian, juga ingin tenaga lapangan pertanian menjadi lebih maju dan profesional,” kata Adipati.

Untuk itu, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan menuangkan dalam program kanan antara lain
pupuk bersubsidi, sebagaimana yang menjadi dasar alokasi pupuk bersubsidi ini adalah e-RDKK yang di input oleh penyuluh Pertanian lapangan, dan pada tahun 2022 ini mendapatkan Alokasi lebih baik, yakni 127% dibandingkan dengan pencapaian alokasi pada tahun 2021.

Juga Kartu Petani Berjaya, program ini merupakan program Gubernur Lampung yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui upaya penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Dalam kesempatan tersebut Adipati juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada BPP, yang telah banyak membantu memberikan pelatihan bagi penyuluh, dan melakukan penandatanganan MoU, ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kerja sama dalam pengembangan Sumberdaya Manusia yang ada di Kabupaten Way Kanan.(*/red)