Ikut Meriahkan HUT Ke-32, TP-PKK Dan  DPC APJI Kabupaten Lampung Barat Gelar Lomba Membuat Engkak Ketan
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa РMenjelang perayaan Hari Ulang Tahun (Hut) ke-32, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Kabupaten Lampung Barat menggelar lomba membuat engkak ketan khas Lampung di Aula Gedung Serba Guna (GSG) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar. Senin, (18/09/2023).

Seperti diketahui, perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat yang jatuh pada 24 September mendatang, salah satu rangkaian kegiatan yakni lomba membuat engkak ketan pada hari Minggu 24 September bertempat di samping loby kantor Bupati Lampung Barat.

Pelatihan turut disaksikan Ketua TP-PKK Dra. Zelda Naturi M.M, Staf Ahli Bidang Staf Ahli Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Ir.Sugeng Raharjo,M.T, Ketua Dharmawanita Kabupaten Lampung Barat Dewi Adi utama,
Ketua dewan pimpinan cabang (DPC) Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) Lampung Barat Gesti Herdiana serta ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan dan Pekon.

Dalam sambutannya, Zelda Naturi menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut, dirinya berharap dengan diadakannya perlombaan membuat engkak ketan pada perayaan Hari Ulang Tahun Lampung Barat ke depannya dapat menumbuhkan inovasi-inovasi baru terhadap makanan tradisional khas Lampung tersebut.

“Dengan diadakannya perlombaan membuat engkak ketan pada perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat mendatang saya berharap ke depannya menumbuhkan inovasi-inovasi baru terjadap makanan khas Lampung ini,” kata dia.

Oleh karena itu, Zelda Naturi berpesan kepada seluruh peserta yang akan mengikuti perlombaan, agar benar-benar serius mengikuti pelatihan tersebut dengan harapan usai pelaksanaan perlombaan dapat menjadi salah satu usaha sehingga meningkatkan prekonomian keluarga.

“Saya minta kepada seluruh peserta agar dalam mengikuti pelatihan ini supaya benar-benar serius.

Supaya ke depannya dapat menjadi usaha keluarga dengan harapan meningkatkan prekonomian keluarga,” kata Zelda Naturi seraya menambahkan agar ke depannya dapat melestarikan makanan tradisional khas Lampung.

Disisi lain, Ketua APJI Kabupaten Lampung Barat Gesti Herdiana berharap, para peserta pelatihan mengikuti dan mamanfaatkan pelatihan tersebut dengan sebaik mungkin.

“Manfaatkan ilmu yang diperoleh nantinya agar menjadi modal utama bagi ibu-ibu untuk
membuka usaha, menambah kreatifitas usaha yang telah ada atau paling tidak bisa membuat kue yang enak untuk keluarga,” harapnya.

Karena kata dia, perkembangan usaha kuliner terutama kue basah, akhir-akhir ini begitu pesat dengan semakin meningkatnya permintaan pasar yang menyebabkan setiap orang ingin mencari peluang usaha di bidang
kuliner.

“Diharapkan melalui pelatihan ini para peserta akan mampu memiliki kemandirian dibidang ekonomi melalui penumbuhan dan pengembangan kegiatan usaha ekonomi produktif dalam rangka mendukung terciptanya kondisi kehidupan yang lebih sejahtera baik dilingkungan keluarga maupun ditengah masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, acara pelatihan dibuka langsung Staf Ahli bidang Perekonomian Dan Pembangunan Ir.Sugeng Raharjo,M.T. Ditandai dengan penyematan tanda peserta sekaligus penyerahan paket bahan lengkap engkak ketan kepada peserta pelatihan. (Ipung)