Intensitas Curah Hujan Tinggi, Sungai Warkuk Meluap Banjiri Pemukiman Warga
Spread the love

Lampungjaya.news, Oku Selatan – Banjir yang mengakibatkan kerusakan parah dan hampir masuk ke daerah perkampung akibat hujan deras yang berada di beberapa titik yang ada di Kecamatan warkuk Ranau selatan, Kapupaten oku selatan pada Sabtu Malam,(12/11/2022).

Dari pantauan awak media dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun terlihat beberapa tempat yang mengalami kerusakan, salah satunya jembatan ayun penghubung antara Desa Pagar Dewa dan Desa Kota Batu yang diterjang derasnya arus sungai warkuk sehingga terjadi kerusakan,

Kemudian yang ada di lingkungan desa kota batu, Pantai Lama dan Patai Baru, yang akibatkan banjir merendam pemukiman warga, setinggi kurang lebih 50 cm, sehingga beberapa barang warga hanyut terbawa arus banjir.

Melihat hal ini, masyarakat khawatir adanya banjir susulan, karena hujan tak kunjung reda dan akan mengalami kerusakan-kerusakan yang lebih parah yang membahayakan harta benda bahkan nyawa mereka.

Reni selaku masyarakat yang ada di sekitaran sungai mengatakan, banjir bermula saat hujan deras yang tak kunjung reda sampai malam kemudian terdengar suara gemuruh sungai.

Ia tidak menyangka jika sungai bisa meluap, dan masuk kearea permukiman warga.

“Memang awalnya hujan yang sangat deras sampai malam, tapi kami tidak menyangka kalo ada banjir sampai setinggi ini, nah kemudian suara gemuruh sungai semakin kencang.

Mendengar itu, Saya langsung turun kebawah rumah, dan terlihat air sungai sudah di dekat tangga. Ya memang saat itu belum tinggi, tapi lama kelamaan kok makin luas. “Ujarnya.

Ia juga berharap kepada pemerintah untuk segera bertindak menangani permasalahan ini, di khawatirkan jika hujan kembali turun banjir akan meluap kembali.

“saya berharap kepada pemerintah untuk segera turun tangan mengatasi permasalahan ini, karena kami khawatir jika ini terulang kembali akan banyak kerugian yang timbul akibat banjir, “harap reni.(*/ipung)