Kabupaten Mesuji Gelar Musrenbang RKPD 2022, Aparatur Kecamatan dan Desa Mengikuti Secara Virtual
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2022 di aula Kantor Bupati Mesuji dan diikuti secara virtual oleh kecamatan dan desa se-Kabupaten Mesuji, Rabu (17/03/2021).

Acara dihadiri Wakil Gubernur Lampung Chusnunia, Bupati Mesuji Saply TH, Wakil Bupati Mesuji Haryati Cendralela, Forkopimda Kabupaten Mesuji, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, Wakil Ketua I DPRD Mesuji Yuliani Rahmi Safitri, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Mesuji.

Dalam sambutannya, Wagub Chusnunia mendorong Kabupaten Mesuji untuk mengembangkan potensi perikanan.

“Mesuji harus fokus terhadap budidaya ikan, seperti ikan jelabat dan belida, termasuk olahannya, karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” ucap Chusnunia.

Sementara itu, Bupati Saply dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan amanat peraturan perundang-undangan, meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan ini harus tetap dilaksanakan meski harus secara virtual.

Lanjutnya, penyelenggaraan musrenbang ini merupakan tindak lanjut dari hasil Musrenbang RKPD di tujuh kecamatan se-Kabupaten Mesuji yang telah dilaksanakan pada tanggal 10-22 Februari 2021 dan Forum Gabungan Perangkat Daerah pada tanggal 10 Maret 2021 sebagai bahan pembahasan prioritas program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022.

“Meski dilaksanakan secara virtual, tidak mengurangi substansi dari tujuan kegiatan ini guna sinkronisasi dan sinergisitas, prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung serta pemerintah pusat,” ucap Saply.

Disampaikannya, dalam penyusunan RKPD tahun 2022 dilaksanakan dengan lima prioritas pembangunan, yaitu penguatan pemerataan infrastruktur daerah, pembangunan perekonomian daerah melalui pemberdayaan masyarakat yang bertumpu pada peningkatan produksi dan Pengolahan pertanian, kewirausahaan, pariwisata, serta jaring pengaman sosial, peningkatan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan, peningkatan sumber daya manusia berbasis keterampilan dan vokasi, pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan mitigasi bencana.

“Semoga memberikan perubahan ke arah yang lebih baik bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Mesuji dan tetap menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19,” tutup Saply. (*/SAN)