Kades Sumber Agung ajak Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Kabupaten yang Terbengkalai
Spread the love

Lampungjaya.news, Abung Timur – Infrastruktur jalan yang baik adalah impian semua warga Indonesia dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu Kepala Desa (KADES) Sumber Agung, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara, Armadan S.E, terjun langsung bersama warganya melaksanakan giat gotong royong.

Kali ini gotong-royong menyasar ruas jalan milik kabupaten yang menghubungkan Desa Sumber Agung dan Desa Sidomukti, Kecamatan setempat dengan cara menimbun lubang menggunakan batu.

Menurut Darwis jalan sepanjang lebih kurang 2000 meter tersebut merupakan milik pemerintah kabupaten Lampung Utara yang sudah lama rusak.

“Jalan ini merupakan milik Pemkab Lampung Utara. Ini sudah lama sekali rusak apa lagi musim penghujan. Kami bersama warga yang lain dan Kepala Desa sudah sering gotong-royong memperbaiki nya”, kata Darwis saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, jalan rusak tersebut bila tidak segera di perbaiki takutnya bisa mengakibat kan warga yang melintas mengalami kecelakaan.

“Yang kami khawatirkan jika tidak segera di perbaiki takutnya dapat menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan, misal nya kendaraan jatuh dan sebagainya. Terlebih ini sebentar lagi mau memasuki Hari Raya Idul Fitri pasti pengendara mobil dan motor pasti banyak yang melintas, terutama anak anak kecil untuk itu kami (Warga) bersama Kepala Desa dan aparatur desa berinisiatif menimbun lubang lubang jalan menggunakan batu,”terang Darwis.

Darwis menambahkan perbaikan jalan tersebut bukan kali ini saja melainkan sudah sering dilakukan Kepala Desa Sumber Agung, Armadan S.E., bersama warga.

Saat ditanya dana perbaikan gotong-royong tersebut dari mana dengan semangat Darwis menjawab bahwa Dana tersebut merupakan dana pribadi sang Kepala Desa.

“Kami hanya swadaya tenaga saja pak untuk material seperti batu dan mobil yang mengangkut batu ke lokasi kesemuanya tanggung jawab Kepala Desa, alias dana pribadi sang Kepala Desa,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa yang ikut gotong-royong saat di wawancarai di lokasi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut semata-mata untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri, sekaligus wujud membudayakan jiwa gotong-royong dalam diri warga

“Tidak ada maksud tertentu hanya sebagai tindakan mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Lagian ini merupakan tanggung jawab bersama. Itu saja kok. Kalau jalan nya bagus kita sendiri yang enak bukan orang lain. Sengaja saya ajak warga setiap ada kegiatan guna menumbuhkan semangat gotong-royong dan rasa memiliki dan tanggung jawab, terlebih dalam suasana puasa seperti saat ini justru menambah semangat,” Tutur sang Kepala Desa.

Selain itu disela sela aktivitas nya sang Kepala Desa dan warga Desa menyelipkan subuah doa kepada tuhan yang maha Esa, dan menaruh harapan kepada pemerintah kabupaten Lampung Utara untuk segera memperhatikan dan sesegera mungkin diperbaiki.

“Kami dan seluruh warga hanya mampu menadah kan tangan dan meminta kepada pemerintah Kabupaten Lampung yaitu Bupati agar bisa memperhatikan kami terutama di bidang infrastruktur jalan yang rusak.” Harapnya.( */red)