Koordinasi Terkait Penilaian SAKIP Berbasis Elektronik, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Gelar Kunjungan Kerja Ke Kemenpan RB
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Dalam rangka koordinasi terkait penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), Reformasi Birokrasi dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melakukan kunjungan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, di Jakarta Selatan pada Rabu, (1/3/2023).

Dalam kunjungannya, rombongan Pemkab Lampung Barat dipimpin oleh Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman dan didampingi Kepala Bappeda Ir. Agustanto Basmar, Kepala Dinas Kominfo Munandar, S.Sos., MM., serta sejumlah staf jajarannya menemui Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB, Nanik Murwati, S.E., M.A.

Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman menyampaikan, kunjungannya kali ini ia meminta bantuan dari pihak Kemenpan RB untuk memberikan bantuan terkait dengan peningkatan nilai SAKIP, RB dan SPBE yang digunakan untuk meningkatkan tata pelayanan pemerintahan dalam pelayan administrasi dan pelayanan publik di Kabupaten Lampung Barat.

“Kita koordinasi dan meminta Kemenpan RB untuk memberikan bantuan terkait peningkatan nilai SAKIP, RB dan SPBE,” kata Nukman.

Sementara itu, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB, Nanik Murwati, dia mengatakan jika ke depan kemenpan RB akan ada sistem kerja baru bagi Pemerintah Daerah dan Piloting untuk Provinsi dan Kabupaten, guna melaksanakan Penyelenggarakan Pemerintah Daerah (PPD) Digital.

Selain itu, pihak Kementerian juga akan memberikan pendampingan bagi Pemerintah Kabupaten dalam penerapan SPBE, di mana pihak kementerian akan menggandeng Pemerintah Provinsi untuk mendampingi Pemerintah Daerah.

“Reformasi Birokrasi ini ke depannya akan mengemban misi untuk mengentaskan kemiskinan, peningkatan investasi, dan prioritas aktual Presiden RI dalam menangani inflasi, stunting dan pengadaan barang dan jasa dengan mengedepankan pada indek katalog produk lokal,” ungkap Nanik Murwati.

Di akhir sesi koordinasi, PJ. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman berkesempatan memberikan cindera mata (bingkisan) kepada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB, Nanik Murwati berupa kopi luwak khas asli Lampung Barat. (Ipung)