Koramil 412-04/Kotabumi Bersama Yon C Pelopor Sat Brimobda Lampung Gelar Patroli Kesehatan
Spread the love

Lampungjaya.news, Kotabumi – Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk peningkatan kewaspadaan serta pencegahan meluasnya wabah COVID-19. Seperti yang dilakukan personel Koramil 412-04/Kotabumi bersama personel Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Lampung.

Dengan menggunakan empat unit sepeda motor, delapan anggota personil gabungan TNI-Polri melakukan patroli kesehatan guna memberikan sosialisasi cegah tangkal mewabahnya virus corona di wilayah binaan Koramil 412-04/Kotabumi.

Melalui Danramil 412-04/Kotabumi, Lettu Inf Jauhari menjelaskan, kegiatan yang digelar Sabtu (21/03) ini melibatkan  dua orang anggota Koramil serta enam orang anggota Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Lampung.

“Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas TNI-Polri dalam melawan Covid-19. Yakni dengan memberikan sosialisasi cegah tangkal mewabahnya virus corona di wilayah binaan Koramil 412-04/Kotabumi,” kata Lettu Inf Jauhari. Seraya menjelaskan patroli gabungan ini dengan rute Koramil 412-04/Kotabumi – Kelurahan Tanjung Aman – Islamic Center Kotabumi- Kelurahan Tanjung Senang – Kelurahan Kelapa Tujuh  dan kembali ke markas Koramil 412-04/Kotabumi.

Dalam kegiatan itu, Tim Gabungan menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk menyikapi penyebaran wabah corona yang terjadi dengan tetap tenang, namun tetap waspada. Serta selalu menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Karena penyebaran virus corona dapat diminimalisir dengan berprilaku hidup sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, rajin orahraga dan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah beraktifitas, ucap Danramil. 

Selain itu, kepada masyarakat juga diingatkan untuk membatasi dan menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang sampai situasi membaik. Lalu, dihimbau pula kepada masyarakat, jika mengalami sakit dengan gejala menyerupai corona agar mengenakan masker dan segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat  dan membatasi interaksi dengan orang lain.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 412-04/Kotabumi menghimbau agar masyarakat dapat mengikuti seluruh kebijakan Pemerintah RI dalam memerangi penyebaran virus corona. Misalnya, menerapkan social distancing (menjaga jarak antar manusia) dalam aktivitas sehari-hari.

 “Jajaran TNI-Polri mengharapkan kepada warga agar tetap tenang. Kami juga mengajak masyarakat agar bekerjasama dalam mencegah corona supaya tidak semakin meluas dengan mengikuti kebijakan pemerintah untuk melakukan sosial distancing” ujar Lettu Inf Jauhari.

Di sisi lain, Danramil juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan panic buying (pembelian yang berlebihan). Karena pemerintah menjamin stok ketersediaan pangan di Indonesia masih mencukupi. Tindakan panic buying justru akan kontra produktif dengan upaya penanggulangan mewabahnya Covid-19.

“Tentunya masyarakat harus tetap tenang, dan TNI-Polri akan selalu berada di tengah masyarakat dalam situasi apa pun,” pungkas Danramil. (AND)