Kunker ke Lampung Timur, Riana Ajak Warga Pelopori Gerakan Perubahan Masyarakat
Spread the love

Lampungjaya.news, Lampung Timur – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal lakukan kunjungan kerja ke Lampung Timur pada, Senin, (18/10/2021).

Dalam kunjungan kerja di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Pemkab Lampung Timur, Riana Sari Arinal juga melakukan senam Lampung Berjaya bersama Ketua TP. PKK Kabupaten setempat.

Usai melakukan senam, Riana Sari Arinal mengajak PKK Kabupaten Lampung Timur mempelopori gerakan perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik, sesuai dengan tema yang diangkat pada kegiatan itu yakni ‘Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan’.

“Kegiatan pada hari ini untuk mengingatkan kita bahwa gerakan PKK diharapkan mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dimasa pandemi ini,” ujar Ibu Riana Sari Arinal.

Riana juga mengakui Pandemi Covid-19 membawa dampak luar biasa bagi kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk di Provinsi Lampung.

“Namun dengan pandemi ini, menjadikan masyarakat saling menguatkan, bergotong royong, saling membantu dan perduli terhadap sesama,” katanya.

Oleh sebab itu, Riana meminta agar terjalin kerjasama antar organisasi seperti TP.PKK, Dekranasda, Pokja PAUD, Pokja Literasi, LKKS, PMI, YJI, dan Perwosi. Semua diharapkan terhubung dan kegiatannya terintegrasi serta menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat, termasuk dalam upaya penanganan Covid-19.

“Saya sangat berharap dapat terjalin kerjasama antar organisasi dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra Pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat,” harapnya.

Ia juga berharap kegiatan tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dan penanganan dampak pandemi baik secara sosial, ekonomi maupun budaya.

“Terimakasih atas peran aktif seluruh organisasi di Lampung Timur, serta dukungan penuh Bupati dan Wakil Bupati beserta seluruh jajaran,” ujarnya.

Maka dari itu, Riana mengajak masyarakat untuk terus disiplin dalam menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan lakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo berharap kehadiran Riana sari Arinal di wilayahnya dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat setempat.

“Dengan kunjungan kerja ini kami berharap akan memperat silaturahmi dan hubungan kerja yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Lampung Timur,” ujar Dawam.

Dalam kunjungannya, Ibu Riana menyerahkan sejumlah bantuan kepada pondok pesantren dan panti asuhan, pengrajin batik, perempuan dan anak korban kekerasan, PAUD, ibu hamil dan balita kurang gizi, lansia, atlit disabilitas, dan warga terdampak Covid-19.

Bantuan tersebut berupa sembako, budidaya ikan dalam ember, bibit tanaman, alat ibadah, bantuan bagi pengrajin batik, bantuan buku untuk desa, bantuan untuk anak disabilitas, bantuan alat permainan edukatif, bantuan alat kebersihan, bantuan pemberian makanan tambahan untuk anak-anak sekolah, bantuan nutrisi untuk lansia, bantuan wastafel portabel, dan bantuan untuk atlet disabilitas.

Di akhir acara, Ibu Riana mengunjungi seluruh stan yang digelar di lokasi acara tersebut seperti stan PKK, Dekranasda, LKKS, Pokja PAUD, Perwosi, YJI, PMI, dan Perpustakaan Keliling.
Usai acara di Gedung Pusiban, Ibu Riana Sari Arinal beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke Kawasan Smart Village Tegal Yoso yang berada di Desa Tegal Yoso, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

Dalam kesempatan itu, Ibu Riana melakukan peninjauan Kantor Desa Tegal Yoso, taman bacaan masyarakat, melakukan panen madu klanceng, dan memetik sayur di kawasan KWT. (**)