Kurangi Kecemasan Warga, Satu Dari Belasan Buaya di Evakuasi Tim BKSDA Mesuji
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Tim Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Lampung Bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Evakuasi Satu dari Belasan Buaya yang hidup di Aliran Primer Skunder Desa Pangkal Mas Mulya Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji. Jumat, (09/02/2023).

Penangkapan dilakukan bersama-sama masyarakat melibatkan semua unsur perangkat Kecamatan dan Desa di bawah koordinasi petugas berpengalaman dari BKSDA Lampung.

Belakangan, keberadaan buaya muara yang diperkirakan ada 15 ekor di perairan desa tersebut telah membuat warga cemas, apalagi sebanyak 5 ekor buaya dilaporkan sering terlihat muncul di pemukiman warga.

Operasi penangkapan buaya yang masuk ke pemukiman warga ini akan terus dilakukan hingga dipastikan tidak ada buaya yang berkeliaran di perairan desa tersebut. Untuk mencegah adanya korban serangan buaya, warga desa diminta waspada terutama di sekitar aliran sekunder dan primer.

Hal itu disampaikan Camat Mesuji Timur Belly Oscar kepada awak media.

“Alhamdulillah tim BKSDA Provinsi Lampung bersama Damkar Mesuji Bhabinkamtibmas, kepala desa dan masyarakat berhasil menangkap satu ekor buaya, tapi tetap kami ingatkan warga agar tetap hati-hati sebab di sana masih banyak buayanya,” terangnya.

Operasi penangkapan buaya muara ini sesuai dengan surat permohonan Bupati Mesuji Nomor: DR.01.03/ /IV.21/MSJ/2023 tentang bantuan penanganan konflik satwa liar jenis buaya muara kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Lampung. (*/Lj)