Maraknya Ilegal Logging di TAHURA Wan Abdurrahman, Ketua Komisi IV DPR RI dan DPD PDI P Lampung akan berkoordinasi dengan Gakum untuk ditindak Tegas.
Spread the love

Lampungjaya.news, Pesawaran – Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung yang juga Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP Daerah Pemilihan Lampung I Sudin menyoroti maraknya kegiatan ilegal logging (pembalakan liar) di Kabupaten Pesawaran.

Menurutnya, perlu langkah dan upaya yang tegas terhadap antisipasi aksi ilegal logging di Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdurrahman yang merupakan kawasan register yang ada di Pesawaran.

“Terkait ilegal logging ini perlu adanya langkah tegas, karena kita tahu, beberapa kali pelaku yang tertangkap tapi tidak ada penyelesaiannya,” ujar Sudin saat menghadiri kegiatan penanaman pohon dalam rangka Hari Ulang Tahun PDIP Pesawaran, di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan, Minggu (10/01/2021).

Dikatakan, dirinya akan mendorong penegak hukum pusat untuk turun ke Lampung.

“Nanti saya akan minta Gakum (penegak hukum) untuk datang ke Lampung dan berkoordinasi dengan Polda maupun Polres mengenai masalah ilegal logging ini,” katanya.

Dirinya juga meminta Pemprov Lampung untuk ikut berperan aktif dalam penanganan masalah ilegal logging, sebab kawasan hutan merupakan wewenang Pemerintah Provinsi.

“Seharusnya Pemprov Lampung gencar melakukan razia ilegal logging, makanya saya sering minta Gakum Pusat untuk turun kelapangan,” tegas dia.

“Apalagi Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri fokus terhadap masalah lingkungan, beliau selalu pantau saya di komisi IV, agar memperhatikan masalah lingkungan hidup, termasuk kelestarian hutan ini,” timpalnya.

Ia juga menerangkan bahwa, maindset (pola pikir) terhadap tanaman hutan saat ini perlu dirubah dari sebelumnya.

“Kalau dulu Kehutanan itu hanya memikirkan tanam kayu dikawasan hutan, akibatnya apa tanaman kayunya tidak ada yang menjaga, tapi sekarang kita tanami buah-buahan insyaallah masyarakat mau menjaganya, apalagi bibit yang kita berikan adalah bibit unggul, tadi saya tanya untuk tanaman buah seperti kelengkeng itu bisa dipanen dalam kurun waktu satu setengah tahun, sehingga ada manfaat bagi masyarakat sekitar,” terang dia.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengapresiasi langkah PDI-P yang telah melakukan kegiatan penanaman pohon tersebut.

“Saya tentunya sangat berterima kasih kepada PDIP, karena Kabupaten Pesawaran menjadi salah satu lokus kegiatan dalam rangkaian HUT ini,” ucap dia.

Ia pun berharap kegiatan ini dapat berdampak baik bagi lingkungan di Kabupaten Pesawaran.

“Kami berharap dengan adanya penanaman pohon di zona-zona perkebunan dan daerah hulu di Kabupaten Pesawaran dapat mengurangi dampak bencana yang terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun ini,” tutupnya. (*/Budi)