Pekan Raya Lampung Tahun 2024, Kabupaten Lampung Barat Tampilkan Seni Budaya Asli Daerah
Spread the love

Dalam rangkaian kegiatan Pekan Raya Lampung (PRL) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menampilan keunikan seni dan budaya asli milik kabupaten Lampung Barat di Pelataran Stadion Sumpah Pemuda, Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR), Way Halim, Kota Bandar Lampung pada Kamis malam, (23/05/2024).

Seni budaya yang ditampilkan yakni Orkes Gambus dan Tarian Nyambai. Acara itu mendapat sambutan hangat para pengunjung PRL yang berlalu lalang. Terlihat, tidak sedikit dari pengunjung yang terpaku menyaksikan penampilan dari penari.

Tampak beberapa pengunjung pun ikut berlenggak lenggok menikmati alunan musik gambus yang mengiringi para penari.

Acara itu pun turut dihadiri Ketua TP-PKK dan ketua Darma Wanita Lampung Barat dan sejumlah pejabat Pemkab Lampung Barat.

Untuk melihat sejauh mana dikenalnya potensi yang dimiliki kabupaten Lampung Barat, di acara itu, Ketua TP-PKK Lampung Barat Ny. Zelda Naturi Nukman dan Ketua Darma Wanita Persatuan Ny. Dewi Adi Utama memberikan pertanyaan kepada para penonton secara acak terkait dua nama jenis kopi dan tiga nama tempat wisata yang ada di Lampung Barat.

Dari hasil pertanyaan yang dilayangkan Ketua TP-PKK dan Ketua DWP itu, dua orang penonton yang sama-sama dari Kota Bandar Lampung dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Dua nama jenis kopi dari Lampung Barat yang terkenal dan dijawab penonton ialah jenis kopi robusta dan jenis kopi robusta.

Sementara tiga nama tempat wisata terkenal yang ada di Lampung Barat dan dapat disebutkan penonton yakni, Kebun Raya Liwa (KRL), Taman Hamtebiu, dan Wisata Danau Ranau Lumbok Seminung.

Setelah dapat menjawab pertanyaan, kedua penonton itu pun diberi doorprize oleh Ketua TP-PKK dan Ketua DWP Lampung Barat.

Di kesempatan itu, Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., mengucapkan terima kasih kepada para penonton yang antusias menyaksikan kemeriahan acara tersebut.

Selain itu, Pj. Bupati Nukman juga mengucapkan terima kasih terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung yang telah memfasilitasi Pemkab Lampung Barat, sehingga seni budaya Lampung Barat dan potensi lainnya dapat terekspresikan dan dinikmati para pengunjung PRL yang berasal dari berbagai daearah yang ada di Lampung.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada para pengunjung dan terimakasih sekaligus apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang telah memberikan ruang sebagai wadah promosi seni budaya asli Lampung Barat dan potensi-potensi unggulan lainnya,” ungkap Pj. Bupati Nukman melalui sambutannya.

Pesona Lampung Barat yang dihadirkan di malam itu bertajuk “membangun pertumbuhan ekonomi berwawasan lingkungan menuju Lampung Barat sejahtera”.

Tajuk tersebut sebagai bentuk upaya kabupaten Lampung Barat mengambil peran pembangunan sesuai dengan potensi yang dimiliki, guna menyongsong tema besar PRL tahun 2024 ini, yakni “harmoni dalam kolaborasi untuk Lampung berjaya”.

Sebagaimana diketahui bahwa, kabupaten Lampung Barat adalah tempat bermukim bagi salah satu kerajaan tertua di Lampung, yaitu kerajaan Sekala Bekhak.

Kerajaan adat ini masih eksis hingga saat ini dan meninggalkan warisan adat dan budaya yang begitu kaya.

Sebut saja, sekura, yang telah ada sejak masa kerajaan tradisional dan terus menerus lestari hingga kini.

Warisan budaya ini terus dilestarikan dengan adanya festival-festival kebudayaan setiap tahunnya, di antaranya festival Sekala Bekhak dan festival Sekura Cakak Buah.

Sehingga melalui Anjungan perwakilan kabupaten Lampung Barat pada gelaran PRL, para pengunjung dapat menikmati penampilan kebudayaan kabupaten Lampung Barat melalui tari-tarian dan orkes Lampung secara langsung setiap malamnya.

Selama 20 hari pelaksanaan kegiatan PRL, yakni mulai tanggal 22 Mei sampai dengan 10 Juni mendatang, para pengunjung dapat memperoleh informasi dan menyaksikan pesona keindahan kabupaten Lampung Barat di Anjungan kabupaten Lampung Barat.

Selain itu, di Anjungan kabupaten Lampung Barat disediakan fasilitas membaca pada pojok baca, menampilkan kebudayaan yang dapat disaksikan setiap malamnya, serta menyediakan doorprize untuk memeriahkan kegiatan PRL.

Tentu, Nukman selaku Penjabat Kepala Daerah Lampung Barat, ia berharap melalui kegiatan PRL tahun 2024 ini kabupaten Lampung Barat mendapat perhatian khusus dari Pemprov Lampung dalam upaya mengembangkan dan mempromosikan peluang investasi yang dimiliki oleh kabupaten berjuluk negeri di atas awan demi tercapainya visi Lampung Berjaya.

“Harapan kami, melalui pameran di PRL kabupaten Lampung Barat dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat sehingga peluang investasi semakin besar dan dampaknya ialah kesejahteraan masyarakat di kabupaten Lampung Barat,” pungkasnya. (Ipung)