Pemuda Lintas Agama Kabupaten Pringsewu Serukan Pemilihan Kepala Daerah Damai 2024
Spread the love

Lampungjaya.news, Pringsewu – Jelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, Enam Organisasi Pemuda Lintas Agama menyerukan pilkada damai.

Seruan tersebut digaungkan dalam acara Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Pringsewu, bertempat di Aula Kampung BW Podosari. Minggu (30/6/2024).

Seruan Pilkada Damai tertuang dalam deklarasi yang ditanda tangani sejumlah perwakilan pemuda lintas agama di Kabupaten Pringsewu.

Terdiri dari perwakilan Pemuda Katolik , GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) dan Forum Pemuda Lintas Agama (FLPA).

Hadir menyaksikan deklarasi Pilkada Damai Pemuda Lintas Agama, Pj Bupati Pringsewu yang diwakili Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Ibnu Hajriyanto, Kepala Badan Kesbangpol Sukarman, Ketua Bawaslu Pringsewu Suprondi dan Plh Ketua KPU Sulaiman.

Kapolres Pringsewu yang diwakili Kasubag Logistik Ipda Yosi Rizal, serta FKUB, Kemenag, dan sejumlah tokoh masyarakat di Bumi Jejama Secancanan.

Ada enam poin yang disampaikan dalam deklarasi Pilkada Damai tersebut, yakni:

  1. Mengajak mewujudkan Pilkada 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil untuk mewujudkan integritas bangsa.
  2. Mengajak masyarakat untuk Pilkada yang aman, tertib dan damai.
  3. Menolak kabar hoaks, money politic dan kampanye hitam.
  4. Mendukung pelaksanaan dan pengawasan Pilkada tahun 2024 dari Bawaslu dan KPU.
  5. Mengajak, menjaga persaudaraan, kerukunan antar umat beragama dan memperkokoh keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari segala bentuk ancaman dari dalam maupun dari luar.
  6. Mengajak seluruh masyarakat menjadi pemilih yang cerdas bijak dan bertanggungjawab.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Pringsewu Robertus Didik Budiawan mengatakan seruan Pilkada Damai sebagai harapan agar Bumi Jejama Secancanan selalu harmonis.

Oleh karena itu lah, dalam acara itu organisasi pemuda lintas agama diharapakan bisa terus bergandengan tangan bergotong royong demi terciptanya Pilkada damai.

Ketua Pemuda Katolik Komda Lampung Falentinus Andi berharap agar kerjasama antar organisasi pemuda keagamaan di Pringsewu terus berjalan.

Sehingga bisa menjadi pelopor dalam menciptakan suasana kehidupan masyarakat yang harmonis, rukun dan damai.

Kepala Dispopar Pringsewu Ibnu Hajriyanto yang membacakan sambutan Pj Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan juga mengajak Pemuda Katolik bergandengan tangan menggerakkan dan membangun opini publik yang baik.

Upaya tersebut demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pringsewu.

Menurut dia, Pemkab Pringsewu akan senantiasa terus mendukung positif terhadap setiap kegiatan dan upaya seluruh elemen masyarakat.

Selain itu, Ibnu Hajriyanto berharap melalui kegiatan Muskomcab Pemuda Katolik Pringsewu didapat kesepakatan dan hasil yang baik.

Dalam Muskomcab Pemuda Katolik tersebut juga dilakukan pemilihan ketua baru.

Pada akhir acara Muskomcab, terpilih lah Paulus Suwantoro sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Pringsewu periode 2024-2027, menggantikan Robertus Didik Budiawan C.(**)