Penjabat Bupati Nukman Pimpin Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu 2024
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M bertindak sebagai pembina apel siaga pengawasan tahapan masa tenang serta tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang berlangsung di Taman Kota Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit, Minggu (14/2/2024).

Apel ini terut ikuti Kapala Kepolisian Resor (Kapolres) Lampung Barat Ryky Widya Muharom S.H., S.I.K, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Agus Niar, perwakilan Kodim 0422 LB, Kepala Perangkat Daerah serta jajaran Bawaslu setempat tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Pekon.

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Lampung Barat mengucapkan selamat kepada para Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang akan melaksanakan tugasnya. Menurutnya, penetapan Panwaslu telah melalui tahapan yang berat, di mana yang terpilih sudah pasti merupakan yang terbaik dari peserta lainnya.

Nukman menambahkan, mengamankan pemilihan umum menjadi keharusan. Satu suara rakyat sangat menentukan hari esok bangsa dan negara. Dan satu suara itu ditentukan didalam diri petugas.

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya pengawasan yang teliti untuk memastikan pelaksanaan pemilu berlangsung secara adil dan jujur. Ia meminta agar selama pemilu berlangsung tidak terdapat kecurangan-kecurangan yang akan menodai roda jalannya pemilu tahun ini.

“Hal ini merupakan ikhtiyar kita dalam dalam melaksanakan Pemilu tahun 2024. Semoga berjalan dengan baik, lancar, kondusif dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas,” harapnya.

“Jangan Pernah takut untuk selalu tetap mengedepankan aturan dan undang-undang Pemilu dalam pelaksanaan tugas kita. Sebab itu adalah bagian dari sebuah Kebenaran yang akan selalu kita pegang teguh sampai kapan pun,” kata dia.

Kemudian, dirinya meminta stacholder terkait baik TNI, Polri, Pol PP agar menjalin sinergiritas dalam menciptakan pelaksanaan Pemilu supaya berjalan dengan sukses.

Sebab, menurut Nukman, suksesnya Pemilu bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara Pemilu saja. Dukungan dan solidaritas dari seluruh pemangku kepentingan tak kalah penting.

“Dukungan dan solidaritas serta kontribusi dari masyarakat luas dalam bersinergi serta berkenambungan merupakan salah satu konci suksesnya Pemilu,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bawaslu Kabupaten Lampung Barat Novri Jonestama S.Sos mengatakan salah satu tujuan digelarnya kegiatan tersebut untuk meningkatkan komitmen dalam menciptakan Pemilu yang damai.

“Ini memperlihatkan dan membuktikan bahwa Bawaslu selalu siap siaga untuk mengawasi tahapan pemilu yang hari ini berjalan,” tuturnya.

Novri menegaskan, pihaknya akan mengawasi masa tenang dan pendistribusian logistik sesuai dengan ketentuan yang berlaku, guna memastikan tahapan pemilu berjalan sesuai regulasi. (Ipung)