Peringatan Hari Veteran Nasional di Lampura
Spread the love

Lampungjaya.news, Kotabumi – Sejumlah veteran mengikuti upacara peringatan Hari Veteran Nasional di halaman Kantor Pemda Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Senin (10/08).

Peringatan Hari Veteran Nasional tahun ini mengusung tema “LVRI bersama pemerintah dan masyarakat bertekad melanjutkan pewarisan JSN 45 untuk mensukseskan pembangunan nasional di bidang sumber daya manusia”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Dandim 0412 Kabupaten Lampung Utara, Letkol Inf Harry Prabowo, SE.

Upacara juga diikuti oleh Plt. Bupati Lampura, Budi Utomo, Forkopimda kabupaten setempat, Sekda Lampura, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampura, Ketua LVRI Kabupaten Lampung Utara beserta jajaran. 

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara menyampaikan bahwa saat ini bangsa Indonesia memang sudah merdeka, akan tetapi kita harus tetap berjuang membangun jiwa yang merdeka.

”Veteran adalah inspirator sejati, semangatnya akan terus menginspirasi kita semua, menjadi teladan yang diwariskan kepada kita dalam melaksanakan pembangunan,” kata Letkol Inf Harry Prabowo.

Lihatlah semangat dari para Veteran, umur boleh tua, usia boleh senja, tapi semangatnya tetap menyala, takkan pernah padam dihantam gelombang zaman. “Itulah semangat dari para veteran yang patut untuk kita dijadikan teladan. 

Selamat hari Veteran Nasional, semoga Allah SWT  senantiasa meridhoi perjuangan kita bersama,” ucap Irup.

Lebih lanjut Letkol Inf Harry Prabowo mengatakan, harus disadari bahwa pandemi covid-19 belumlah berakhir. Sejumlah upaya pencegahan terus dilakukan. Karena itu dalam kondisi kedaruratan ini maka dibutuhkan jiwa semangat dan nilai-nilai kejuangan 1945, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para pendahulu bangsa Indonesia, yaitu semangat juang dari para veteran.

“Kita harus paham, bahwa mematuhi himbauan pemerintah adalah bagian dari perjuangan melawan covid-19. Maka dari itu, marilah kita mempertahankan bersama berjuang keberlangsungan bangsa, berjuang untuk keluar dari kesulitan-kesulitan, berjuang untuk segera pulih dari keterpurukan, karena kita hidup di alam yang sama, alam Indonesia. Kita berdiam di tanah yang sama. tanah Indonesia. Kita minum air yang sama, air Indonesia. kita menghirup udara yang sama, udara Indonesia,” pungkasnya.

Sementara, usai upacara Plt. Bupati Lampura, Budi Utomo mengatakan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.

Dia juga menyampaukan mengucapkan selamat Hari Veteran Nasional. “Selamat hari Veteran Nasional, semoga Allah SWT  senantiasa meridhoi perjuangan kita bersama,” kata Budi Utomo. (And)