Peringati HDI dan HKSN Tahun 2023, Ketua Umum PKDL Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Kemanusiaan
Spread the love

Lampungjaya.news, Tanjung Bintang – Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung (PKDL), Riana Sari Arinal menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Jumat (22/12/2023).

Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 ini mengusung tema ‘Bersatu Dalam Aksi Membangun Inklusivitas Dan Keadilan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas’ Dengan Semangat Kesetiakawanan Sosial.

Tema tersebut menggambarkan makna yang termuat dalam Perda No. 7 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas serta Misi Provinsi Lampung yang ketiga yakni, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan penyandang disabilitas guna meraih Visi Provinsi Lampung ‘Rakyat Lampung Berjaya’.

Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung (PKDL), Riana Sari Arinal, menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah memiliki regulasi tentang pemenuhan hak-hak disabilitas dalam bentuk Peraturan Daerah maupun Peraturan Gubernur sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung terhadap masyarakat menyandang disabilitas di Provinsi Lampung.

Dengan mensinergikan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Riana Sari mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan memperkuat solidaritas dalam memberikan perlindungan bagi penyandang disabilitas agar berperan dan berkontribusi aktif ditengah masyarakat serta mampu memberikan ruang kreativitas kepada para penyandang disabilitas.

“Saya juga mengajak seluruh pemerintah Kabupaten/Kota dan juga masyarakat di Provinsi Lampung untuk menjadi pahlawan kemanusiaan, melalui berbagai upaya yang bisa dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan serta memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas dan mempunyai rasa empati dan memiliki jiwa kerelawanan sejati untuk membantu sesama,” ajaknya.

Di kesempatan yang sama, Riana Sari meresmikan Operasional Kantor Sekretariat PKDL di Jl. Prof. Dr. Hamka, Desa Sabah Balau, Kec. Tanjung Bintang.

Peresmian Operasional Kantor Sekretariat PKDL ini, kata Riana Sari, merupakan salah satu bentuk komitmen konkret yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung sesuai dengan misi pemerintah yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan penyandang disabilitas.

“Semoga peresmian kantor hari ini dapat meningkatkan kinerja PKDL dalam memenuhi hak-hak penyandang disabilitas di Provinsi Lampung,” ucapnya.

Di akhir, bertepatan dengan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember ini, Riana Sari secara khusus mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan ini.

“Untuk ibu-ibu istimewa yang mempunyai anak penyandang disabilitas, ibu-ibu yang mempunyai kesabaran yang luar biasa yang mempunyai kasih sayang luar biasa untuk anak-anaknya. Selamat Hari Ibu. Semoga ibu-ibu semua menjadi ibu-ibu hebat, ibu-ibu yang tangguh dan semua yang ibu lakukan agar akan menjadi amal ibadah bagi ibu-ibu semua,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi, dalam laporannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Disabilitas ini merupakan wujud kepedulian terhadap penyandang disabilitas yang menekankan pada pembangunan lingkungan yang inklusif, hak-hak individu dan mengurangi stigma negatif terhadap mereka.

Sementara, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional menekankan pentingnya kepedulian dan tindakan bersama untuk membantu sesama yang membutuhkan dan memperkuat hubungan sosial di dalam masyarakat.

Pada puncak Peringatan HDI dan HKSN Tahun 2023 Tingkat Provinsi Lampung ini, Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung (PKDL), Riana Sari Arinal juga menyerahkan bantuan berupa:

  1. Bantuan Rehab Gedung, 1 unit sepeda motor dan paket UEP Steam Motor di 3 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), yaitu: LKS Sinar Jati Kota Bandar Lampung, LKS Sabilun Najah dan LKS Srikandi Kabupaten Lampung Tengah.
  2. Bantuan Kaki Palsu kepada 2 orang penerima manfaat
  3. Bantuan Kursi Roda sebanyak 2 unit
  4. Bantuan Biaya Pendampingan Pengobatan kepada 3 orang penerima manfaat
  5. Sembako sebanyak 200 paket

Selain menyerahkan bantuan, Riana Sari Arinal juga menyerahkan piagam penghargaan bagi masyarakat yang peduli disabilitas yang diberikan kepada:

  1. Susanto/ Pak Koko, atas dedikasi, loyalitas dalam melatih anak-anak penyandang disabilitas.
  2. Indrayati, atas dedikasi, loyalitas sebagai guru melukis dan mendongeng anak-anak penyandang disabilitas.

Salah satu penerima bantuan kaki palsu, Wagiyo, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Gubernur dan Ibu Riana yang telah memberikan bantuan kaki palsu sehingga kedepannya bisa berguna bagi saya untuk menafkahi keluarga saya. Semoga bantuan ini bermanfaat,” ucapnya. (*/Lj)