Pj Bupati Nukman Pimpin Pelepasan Peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M memimpin Upacara Pelepasan Peserta Raimuna Nasional XII tahun 2023 yang dilaksanakan di Lobby Kantor Bupati, Sabtu (12/08).

Upacara pelepasan tersebut turut dihadiri oleh Andalan Cabang Gerakan Pramuka Lampung Barat, Kakak Ka-kwaran Se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Para peserta Raimuna Nasional tahun 2023.

Pj. Bupati yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Drs. Nukman, M.M menyampaikan Raimuna Nasional XII Tahun 2023 difokuskan kepada bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial, budaya sebagai Individu dan sebagai anggota masyarakat.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan kualitas Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Indonesia agar siap menghadapi perkembangan zaman, dan menjadi bagian dari generasi yang siap menyambut masa keemasan Indonesia di tahun 2045.

“Tujuan Raimuna Nasional salah satunya membina persaudaraan, memperkuat persatuan dan kesatuan, melestarikan kebudayaan, serta meningkatkan kualitas generasi muda dalam kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat nasional sebagai bekal untuk mencapai standar kecakapan hidup untuk masa depan,” ucapnya.

Kemudian Nukman mengatakan bahwa Pelaksanaan Rainas XII Tahun 2023 dilaksanakan dari tanggal 14 – 21 Agustus 2023 di bumi perkemahan Graha Wisata (Buperta), Cibubur, Jakarta timur

Bentuk Kegiatan mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka melalui:
a. Pembinaan mental dan spiritual.
b. Aksi kepedulian terhadap masyarakat.
c. Persaudaraan dan kekerabatan.
d. Peningkatan kualitas pengetahuan dan keterampilan
e. Pengenalan budaya

Terakhir dirinya berpesan kepada seluruh peserta untuk Terus berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda dengan kegiatan yang Kreatif, Inovatif, positif dan produktif.

“Saya yakin generasi muda Lampung Barat adalah penerasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi, generasi yang terus berkarya, dan bukan pemalas,” ungkapnya.

“Ingatlah masa depan bangsa ini akan lebih baik bila pemudanya berbudi pekerti luhur dan berahklak mulya serta bisa mengamalkan Pancasila,Dasa Darma, untuk menjaga keutuhan Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” Pungkasnya. (Ipung)