Pj Bupati Nukman, Resmi Melantik Dewan Pengurus Dekranasda Kabupaten Lampung Barat Periode 2022-2023
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Penjabat Bupati Lampung Barat (Lambar) Drs. H. Nukman hari ini, resmi melantik pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Barat Periode Tahun 2022-2023 di Aula Kagungan Sekretariat Daerah Kabupaten. Jum’at, (10/02/2023).

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Dekranasda Provinsi Lampung Nomor: 11/DEKRANASDA/SK/XII/2022 tentang Pengesahan Pengangkatan Pengurus Dekranasda Kabupaten Lambar.

Dekranasda Kabupaten Lampung Barat, merupakan lembaga independen dan nirlaba yang hadir sebagai wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan di bidang seni kerajinan di Kabupaten Lambar. Hal ini disampaikan Ny. Dra. Zelda Naturi Nukman, M.M usai dilantik sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Lambar.

“Tugas dan fungsi Dekranasda adalah menjadi mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan dan membina serta mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin di Kabupaten Lambar,” Kata dia.

Dirinya berharap dengan resminya dilantik pengurus Dekrenasda yang baru kedepannya mempunyai kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan pengrajin yang ada di Kabupaten Lambar.

“Sehingga kedepannya tumbuh pengrajin dan pengusaha yang baru di Kabupaten Lambar dengan tujuan dapat meningkatkan perekonomian lapisan masyarakat,” Harap Ny. Zelda.

“Dengan tumbuhnya pengusaha-pengusaha baru artinya semakin banyak peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat Lambar,” Sambungnya.

Maka dari itu, Ny. Zelda mengharapkan kolaborasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMD) serta pihak swasta lainnya untuk bersama-sama mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di Lambar sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kesejateraan masyarakat.

Sementara, menanggapi hal tersebut Pj. Bupati berharap pengurus Dekranasda yang baru memiliki kemampuan dan kompetensi dalam membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong industri kreatif di wilayah Kabupaten Lambar.

“Juga berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan karya cipta serta produksi buatan negeri sendiri sehingga dapat mengembangkan ekonomi kreatif, memberikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat,” Harap Nukman.

Dengan harapan Dekranasda Lambar dapat membantu Kemajuan para pengrajin Industri Kecil dan Menengah diantaranya melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku usaha, karena menurutnya SDM merupakan faktor penting dalam pengembangan usaha.

“Pengembangan SDM tersebut dapat dilakukan dengan pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis, serta pendampingan, hal ini dapat juga dilakukan dengan kemitraan dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta sebagai corporate social responsibility (CSR),”terangnya.

Terakhir, dirinya menyampaikan selamat atas dikukuhkannya anggota Dekranasda Kabupaten Lambar “semoga dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagai pengurus dekranasda dengan baik dan Amanah, dalam membina pengrajin meningkatkan kreatifitas dan kualitas produk, sehingga dapat bersaing dengan produk-produk lainnya,” Pungkasnya.

Pelantikan turut disaksikan Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama, perwakilan Kodim 0422 LB, Perwakilan Polres, Asisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah. (ipung)