Pj Sekretaris Daerah Drs. Adi Utama Pimpin Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2024
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – PJ. Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat Drs. Adi Utama melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2024 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Lampung Barat Tahun 2025, Selasa (30/01/2024)

Pelaksanaan Musrenbang itu dilaksanakan di dua Kecamatan yakni Kecamatan Gedung Surian dan Kecamatan Air Hitam. Musrenbang di Kecamatan Gedung Surian dipusatkan di Halaman Kantor Peratin Pekon Gedung Surian, sementara Musrenbang di Kecamatan Air Hitam berlokasi di GSG Bima Sakti Pekon Sumber Alam.

Pada Musrenbang tersebut, Pj. Sekda Drs. Adi Utama menyerahkan secara simbolis dana Kecamatan dan Dana Desa (DD) yang diterima masing-masing perwakilan Kecamatan dan Pekon setempat.

Dalam penyerahannya disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial beserta anggota, Staf Ahli, Assisten, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Gedung Surian, Camat Air Hitam, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Peratin, Tokoh adat dan masyarakat setempat.

Pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Gedung Surian didukung dengan sejumlah pelayanan, mulai dari pelayanan klinik kesehatan hewan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan, pelayanan ambulan hebat dan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat setempat serta pelayanan perpustakaan keliling dari Dinas Perpustakaan.

Pelayanan klinik kesehatan hewan yang diberikan berupa vaksinasi rabies, pemeriksaan, pengobatan, penambahan vitamin serta konsultasi. Pelayanan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang mempunyai keluhan pada hewan peliharaannya.

Kemudian, pelayanan Kesehatan gratis yang diberikan kepada masyarakat berupa Pengobatan Gratis, Pelayanan KB dan Pemeriksaan gula darah.

Sementara itu untuk pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Air Hitam didukung dengan sejumlah pelayanan, mulai dari Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM dan Pemeriksaan golongan Darah dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat.

Tampak dilingkungan Musrenbang itu juga dipadati para pedagang UKM yang ikut meramaikan acara tersebut dan terlihat pula pameran UMKM dari masyarakat ikut serta terpampang di sana.

Pada kesempatan itu, Selaku tokoh masyarakat Kecamatan Gedung Surian, Mulyadi mengapresiasi Pemerintah Daerah terkait dengan pembangunan yang sudah dilakukan termasuk juga Pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat.

Menurut Mulyadi, Di Kecamatan Gedung Surian sudah banyak perubahan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah. Baik itu dari segi Pembangunannya maupun dari tingkat Pelayanannya.

“Salah satu sektor pembangunan yang sudah dirasakan oleh masyarakat adalah Pembangunan ruas jalan penghubung Kecamatan Sumberjaya sampai dengan Kecamatan Gedung Surian serta pembangunan Jembatan Air Ringkih yang ada di Pekon (Desa) Pura Mekar, Kecamatan Gedung Surian,” ucapnya.

“Tidak hanya itu, kemajuan terhadap pelayanannya juga meningkat terutama pelayanan Kesehatan, dan itu sudah dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya.

Mulyadi berharap agar kedepan pengelolaan pembangunan dan peningkatan pelayanan tersebut dapat lebih ditingkatkan.

“Kami berharap kedepan dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,” ungkapnya

Sementara itu dalam sambutan tertulis Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M yang dibacakan Pj. Sekretaris Daerah Drs. Adi Utama menyampaikan pertemuan tersebut merupakan momentum penting.

“Karena di sinilah kita dapat duduk bebakhong, secancanan, seangkonan, seandanan, merencanakan suatu kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ujar Adi Utama

Menurutnya, Hal itu dilakukan dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kemajuan daerah.

Pada kesempatan itu Pj. Sekda Drs. Adi Utama menyampaikan bahwa ditahun 2024 ini merupakan tahun kedua Pj. Bupati Drs. Nukman M.M dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Lampung Barat sebagai Penjabat Bupati.

“Tentunya, Kegiatan ini merupakan momentum dalam melanjutkan dan mengevaluasi semua yang sudah dijalankan sebelumnya,” ucapnya.

Sebelum itu dirinya meminta maaf kepada segenap masyarakat, karena menurutnya tidak semua yang menjadi aspirasi masyarakat dapat direalisasikan.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah kami menyampaikan permohonan maaf kepada segenap masyarakat yang hadir, karena tidak semua yang menjadi aspirasi masyarakat dapat kami penuhi dan realisasikan,” katanya.

“Hal tersebut disebabkan karena berbagai keterbatasan, dan adanya berbagai ragam persoalan pembangunan yang mendesak sehingga menjadi bahan pertimbangan kami dalam menetapkan sekala prioritas pembangunan di tahun ini,” tambahnya

Dirinya meminta kepada Camat, kepada para Peratin dan Perangkat Pekon, LHP, serta kepada masyarakat untuk memprioritaskan usulan kegiatan yang memiliki manfaat bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

“Saya menekankan Kepada Camat, Peratin dan Perangkat Pekon, LHP serta kepada masyarakat untuk memprioritaskan usulan yang memiliki manfaat bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan produksi dan produktivitas, serta memperlancar keterjangkauan pusat-pusat pelayanan ekonomi dan sosial antara pekon dengan ibu kota kecamatan,” Tegasnya

“Untuk itu dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi, serta proses yang harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini yaitu musyawarah perencanaan pembangunan RKPD tahun 2025,” Pungkasnya. (ipung)