Pjs. Bupati Pesisir Barat Cek Kesiapan Tahapan Pelaksanaan Pemilu di Pesisir Barat

Lampungjaya.news, Pesisir Barat – Pjs. Bupati Pesisir Barat, Achmad Chrisna Putra Menghadiri Rapat Kesiapan KPU Pesisir Barat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 dimasa Pandemi Covid-19, bertempat di Ruang Rapat Batu Gughi, Jum’at (02/10/2020)

Rapat dihadiri Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi, MM, Kapala Kesbangpol, dan Ketua KPU Kabupaten Pesisir Barat.

Ketua KPU Kabupaten Pesisir Barat, MARLINI, S.HI., MAdalam rapat tersebut memaparlan tahapan – tahapan yang telah dilaksanakan dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Kabupaten Pesisir Barat.

Tahapan pertama, yaitu pembentukan badan ad-hoc, dan pembentukan data pemilih, tahapan kedua pendaftaran Pasangan calon, penetapan dan pengundian nomor urut, dan tahapan ketiga sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat.

Sebelumnya tanggal 10 Agustus 2020 yang lalu telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi kepada pemilih komunitas bertempat di Aula Sunset Beach Labuhan Jukung Krui Pesisir Barat. Dilanjutkan pada tanggal 27 Agustus 2020 dengan kegiatan sosialisasi kepada pemilih pemula sebagai bentuk peningkatan partisipasi pemilih dalam pemilihan Bupati dan wakil bupati kabupaten Pesisir Barat tahun 2020.

Tahapan keempat yaitu sosialisasi Peraturan KPU terbaru dan tahapan yang kelima yaitu kampanye yang telah dimulai sejak tanggal 26 September 2020 dan akan berakhir tanggal 5 Desember 2020.

Sementara itu dalam Pemilu nanti telah dipersiapkan juga Tahapan Pelaksanaan, Tahapan pertama yaitu pembentukan badan ad-hoc dengan ketentuan khusus KPPS di masa covid-19, Tahapan kedua Persiapan pengadaan logistik Pilkada 2020 dan distribusi logistik serta perlengkapan TPS, Tahapan yang ketiga adalah pemungutan suara. Tahapan keempat yaitu penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara. Tahapan kelima yaitu penetapan calon terpilih, pengusulan pengesahan pengukuhan, dan evaluasi pelaporan.

Dalam kesempatan tersebut Pjs. Bupati Pesisir Barat berharap kepada KPU agar pelaksanaan pilkada di Kabupaten Pesisir Barat dapat dipersiapkan dengan sebaik – baiknya sehingga dapat berlangsung dengan aman, sukses dan masyarakat tetap sehat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan, oleh sebab itu KPU diminta untuk meningkatkan koordinasi dengan pihak – pihak terrkait.

Hal yang tak kalah penting lagi adalah tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Pesisir Barat agar dapat lebih dimaksimalkan sehingga melebihi target nasional (*/red)