Puluhan Rumah Di 3 Pekon Menjadi Korban Banjir Luapan Sungai Way Tebu
Spread the love

Lampungjaya.news, Pringsewu – Puluhan rumah di tiga Pekon (Desa) terendam banjir akibat luapan sungai way Tebu Pringsewu yang melintasi wilayah tersebut pada Sabtu (25/5/2024) pagi.

Ketiga daerah yang terdampak banjir tersebut yaitu Pekon Jati Agung dan Margodadi Kecamatan Ambarawa serta Pekon Margakaya Pringsewu.

Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya melalui Kapolsek Pringsewu Kota Kompol Rohmadi mengatakan, sungai way tebu mulai meluap dan menggenangi rumah warga sekira pukul lima pagi. Menurut Kapolsek bahwa banjir yang mengenai tiga Pekon ini merupakan Kiriman dari wilayah kabupaten Tanggamus.

Dikatakan Rohmadi, luapan sungai way tebu menggenangi pemukiman penduduk di Pekon Jati Agung dengan ketinggian antara 20-100 centimeter dan menghanyutkan satu bedeng (bangunan tempat membuat genteng) serta merendam setidaknya dua rumah warga dan empat buah bedeng lainya.

Kemudian di Pekon Margodadi, ketinggian air mencapai 20-70 centimeter ini telah merendam lima rumah warga.

“Sedangkan di Pekon Margakaya, ketinggian air mencapai 50-100 centimeter dan merendam setidaknya 40 ruang warga,” bebernya

Kasi humas menyebut, bahwa seiring waktu banjir mulai surut, namun demikian pihak kepolisian dan TNI dan BPBD masih disiagakan dilokasi musibah untuk mengantisipasi kemungkinan banjir susulan maupun penanganan pasca banjir. (LJ)