Putus Rantai Penyebaran Virus Corona, Pemdes Adi Luhur Dirikan Posko
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Tanggap dengan pentingya kesehatan masyarakat, pemerintah Desa Adi Luhur, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji Lampung, mendirikan Posko Relawan jaga, percepatan Covid-19 siaga 24 jam di titik jalan pintu masuk Desa setempat.

Pendirian Posko tersebut sebagai upaya pemerintah Desa (Pemdes) memperketat pengawasan, guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan Virus Corona atau Covid-19.

“Untuk kegiatan posko pembentukan tim relawan Desa penanggulangan Covid-19, sudah menggelar Musyawarah Desa (Musdes). Pembangunan Posko Relawan Tanggap Covid-19 dibuat untuk memantau dan memonitor warga perantau, yang baru datang dari luar kota untuk segera di cek kesehatannya, ini juga berlaku bagi pengendara kendaraan, maupun orang yang ingin memasuki Desa Adi Luhur, harus di cek kesehatannya,” ujar Kepala Desa Adi Luhur Suharman., Rabu, (19/08/2020).

Menurut Suharman, pihaknya sudah melakukan upaya maksimal seperti hal nya, pendataan pelaku perjalanan, penyemprotan desinfektan di rumah penduduk, rumah ibadah, dan fasilitas umum, sosialisasi tentang covid-19, membagikan masker berjumlah 4000 lembar untuk semua masyarakat Desa Adi luhur, dan Isolasi mandiri di rumah Masing-masing bagi pelaku perjalanan yang masuk ke Desa selama 14 hari.

“Saya menghimbau dan mengajak masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan selalu rajin mencuci tangan, pakai sabun dengan air yang mengalir, memakai masker, dan jaga jarak fisik, kemudian mengurangi keluar rumah, untuk menghindari kerumunan massa sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona,” himbaunya.

Suharman mengatakan, Posko Relawan Desa Covid-19 Desa Adi Luhur yang sudah dibentuk melibatkan semua pihak mulai perangkat Desa, kelembagaan Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas yang terdiri dari kurang lebih, 172 orang, diatur dalam tiga ship selama dua bulan.

“Saya selaku Koordinator Tim relawan Covid-19 Desa Adi Luhur sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, yang proaktif bersama Pemdes selalu hadir setiap saat untuk memantau wilayah Desa Adi Luhur selama wabah virus corona ini sehingga warga merasa terlindungi dan dilayani dengan baik,” cetusnya.

Dia menambahkan, seluruh perangkat Desa khususnya Para RK/RT diminta untuk aktif melakukan himbauan kepada warganya Masing-masing untuk mentaati himbauan Pemerintah mematuhi protokol kesehatan.(*/red)