Raden Adipati Surya Buka Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Way Kanan Tahun 2019

LampungJaya.Net: Way Kanan – Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupa­ten Way Kanan Tahun 2019 digelar di Islamic Centre Way Kanan, Selasa (25/6).
Dalam sambutanny Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya mengatakan, mengawali atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan saya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan.

Pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan Syariat Islam.

Pada kesempatan ini juga saya mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah Calon haji Kabupaten Way Kanan yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini, maka sudah sepantasnya bersyukur, karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat, akan tetapi harus tertunda keberangkatannya karena berbagai hal. Oleh karenanya, kepada kita semua agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental, disamping juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji.

Dengan demikian para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan Syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna.

Kepada para jamaah calon haji Kabupaten Way Kanan saya berpesan supaya dapat mengikuti manasik haji ini dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya jamaah dari Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Way Kanan dapat melaksana ibadah haji dengan baik dan lancar. Selain itu agar senantiasa memiliki kesadaran, tanggung-jawab, dan integritas, sebagai seorang muslim yang mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan dan menasehati, menghargai perbedaan dan toleransi, serta mengajak ber-amar ma’ruf nahi munkar.

Untuk itu kepada peserta manasik agar benar-benar menggunakan waktu dengan baik selama kegiatan ini berlangsung. Karena manasik haji ini dilaksanakan dengan tujuan agar para jamaah nantinya lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan Ibadah Haji dan memperoleh haji mabrur sepulang dari tanah suci.

Nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial. Kemabruran haji sesungguhnya berdimensi vertikal dan horizontal.

Dimensi vertikal ditandai dengan meningkatnya kesalehan personal, sementara dimensi horizontal ditunjukkan dengan makin meningkatnya kesalehan sosial. Dari kedua dimensi itulah, kita semua yang telah menunaikan ibadah haji hendaknya mampu menyeimbangkan antara kesalehan personal dan kesalehan sosial. (Tim_Redaksi)