Rapat Pleno, KPU Tetapkan Pasangan Dendi - Marzuki Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran.
Spread the love

Lampungjaya.news, Pesawaran – KPU kabupaten Pesawaran menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan Dendi Ramadhona – Marzuki (Dermawan) Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran.di Gedung Museum Transmigrasi Gedongtataan, Jumat (22/01/2021).

Penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih berdasarkan keputusan KPU Pesawaran No : 02/HK.03.1-Kpt/1809/KPU-Kab/I/2021 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran tahun 2020.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Dendi-Marzuki ditetapkan sebagai pemenang Pemilukada setelah mendapatkan 130.436 suara.

Ketua KPU Yatin Putro Sugino menyatakan jika penetapan calon terpilih merupakan tahapan akhir Pemilukada yang digelar KPU Pesawaran.

“Jadi dari tahapan Pilkada tahun 2019, hari ini adalah puncaknya penyelesaian semua tahapan-tahapan sesuai dengan PKPU No. 05 tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal,” kata Yatin

Dijelaskannya, untuk tahapan selanjutnya adalah pelantikan calon terpilih, namun hal itu bukan lagi kewenangan KPU Pesawaran.

“Setelah kita melakukan penetapan maka berita acara ini akan kita sampaikan kepada DPRD, kemudian pasangan calon terpilih dan juga Bawaslu, nah nanti dari DPRD ini akan disampaikan kepada pemerintah untuk dilakukan kapan proses pelantikannya, nah pelantikan itu sendiri merupakan ranahnya Pemerintah Pusat, karena SK Bupati itu dari Kemendagri,”ungkapnya

Sementara, Ketua Pemenangan Dendi-Marzuki Yusak, yang mewakili Bupati terpilih Dendi Ramadhona-Marzuki menyampaikan, bahwa Bupati tidak dapat hadir dikarenakan ada kegiatan pemaparan di Kementrian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan.

“Untuk penjadwalan kegiatan tersebut sudah di tetapkan dari jauh-jauh hari, jadi kita tidak bisa menentukan penjadwalannya, oleh karena itu beliau tidak bisa menghadiri rapat pleno penetapan ini,” kata Yusak.

“Terimakasih kepada KPU Pesawran dan semua pihak yang mana semua pelaksanaan dari pendaftaran sampai hari ini, pelaksanaannya berjalan dengan baik, tidak ada timbul klaster baru tentang Covid-19 akibat dari pilkada Pesawaran, aman dan tidak ada masalah,” pungkasnya.(Budi)