Ratusan Calon Siswa Bintara dan Tamtama Polres Tanggamus Ikuti Pemeriksaan Administrasi
Spread the love

Lampungjaya.news, Tanggamus – Polres Tanggamus Polda Lampung melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri Gelombang II Tahun 2023 bertempat di aula Parama Satwika Polres Tanggamus.

Kegiatan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal yang digelar tersebut dilaksanakan selama 1 hari mulai Jumat, sedangkan untuk Rikmin Tamtama dilaksanakan pada tanggal 4 Mei mendatang.

Kasi Humas Polres Tanggamus, Iptu M. Yusuf, S.H, mengungkapkan, rincian dari para Peserta yang sudah teverifikasi dan selanjutnya mengikuti Rikmin awal yaitu sebanyak 124 orang casis bintara PTU Polki, 30 casis Bintara Polwan, 7 casis Bintara Brimob, 2 casis Bintara Polairud, 2 casis Bintara Nakes, 1 casis Tamtama Polairud dan 12 casis Tamtama Brimob.

“Pada pelaksanaan kegiatan Rikmin awal ini kemarin Jumat, 28 April 2023, berkas pendaftaran para calon Anggota Polri Tahun 2023 langsung diperiksa oleh panitia awal Polres Tanggamus dengan melibatkan tim Internal dan Eksternal,” kata Iptu M. Yusuf, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K.

Sambungnya, tim eksternal berasal dari Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pendidikan dan Media Kabupaten Tanggamus. Sedangkan tim internal dari jajaran Polres Tanggamus yaitu Bag SDM, Sie Propam dan Siwas.

“Pemeriksaan meliputi administrasi awal dan tinggi badan, keaslian KTP, KK, Akte, keaslian Ijazah SD, SMP, SMA, perguruan Tinggi dan pengecekan umur casis,” ujarnya.

Ditambahkannya, seleksi penerimaan calon anggota Polri ini masih menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis).

Hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya.

“Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi awal di Polres Tanggamus, para casis akan mengikuti tahap seleksi berikutnya pada tingkat Polda Lampung,” tandasnya. (*/Rizal)