Revisi Tata Ruang Wilayah, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Menggelar Rapat Lintas Sektoral
Spread the love

Lampungjaya.news, Liwa – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar rapat koordinasi terkait persiapan lintas sektor Revisi Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten setempat tahun 2023-2043.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Pesagi Setdakab, Selasa (25/7/2023) dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M.

Dihadiri Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Ismet Inoni M.M, Sekretaris Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pirwan Bachtiar dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Pj Bupati Lampung Barat menyebutkan kegiatan tersebut merupakan persiapan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang akan melakukan rapat koordinasi lintas sektor Kabupaten Lampung Barat tahun 2023-2043.

“Yang rencananya akan berlangsung di the Sultan Hotel dan Residence Jakarta Pusat pada hari Kamis 27 Juli 2023 mendatang,” Tuturnya.

Dirinya menjelaskan rapat koordinasi lintas sektor merupakan salah satu proses yang harus dilalui dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) revisi rancangan umum tata ruang serta tahapan proses persetujuan substansi revisi rencana umum tata ruang Kabupaten Lampung Barat yang rencananya akan dilaksanakan di the Sultan Hotel dan Residence Jakarta Pusat pada hari Kamis 27 Juli 2023 mendatang.

Kegiatan Rakor lintas sektoral revisi RTRW Kabupaten Lampung Barat bertujuan dalam rangka penyempurnaan struktur ruang dan rencana pola ruang sesuai dengan ketentuan umum peraturan zonasinya.

“Mengkaji kawasan yang memiliki pengaruh ekonomi sosial budaya, lingkungan hidup yang memiliki potensi sumber daya alam untuk ditetapkan sebagai kawasan strategis di Kabupaten berjuluk Negeri di Atas Awan,” Terangnya.

Selain itu, guna menyempurnakan hal-hal lain terkait dengan ketentuan baru dan aturan-aturan yang berkaitan dengan RTRW sesuai dengan perkembangan serta dinamika pembangunan yang ada.

Nukman meminta kepada seluruh jajarannya agar dapat bekerjasama dan saling dukung terhadap kegiatan tersebut.

“Dalam hal ini saya minta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (Opd) terkait, agar kita sama-sama bekerjasama agar berjalan sesuai dengan yang diinginkan,” Kata dia.

“Terkhusus, terkait data yang dibutuhkan, saya meminta agar selalu siap memberikan informasi,” Pungkasnya.