Ruas Jalan Sukarno Hatta Kotabumi Mengalami Kerusakan

 

Lampungjaya.net, Lampung Utara – Warga mengkhawatirkan keberadaan ruas jalan Nasional yang kian mengalami kerusakan disepanjang Jalan Sukarno Hatta Kotabumi akan semakin parah dan berharap akan segera dilakukan perbaikan.

Khawatir akan ada peristiwa kecelakaan karena kondisinya yang semakin parah itu warga meminta aparat pemerintah memberikan tanda atau rambu-rambu bahwa badan jalan tersebut sedang mengalami kerusakan.

Sebagaimana dikatakan, Tambunan Salah seorang warga yang ada di sekitaran Jalan Sukarno Hatta Kotabumi, tepatnya di depan Gedung Veteran Granadha Lampung Utara bahwa kondisi jalan tersebut semakin memperihatinkan.

“Kondisinya ya begitu, makin parah dan sampai sekarang belum juga ada perbaikan, dikhawatirkan suatu saat nanti akan terjadi kecelakaan, karena jalan ini merupakan jalan utama yang dilalui kendaraan baik itu angkutan antar kabupaten maupun provinsi. Harapan kita sebagai masyarakat ini secepatnya diperbaiki, jangan harus menunggu ada korban jiwa dulu, baru diperbaiki,” ujarnya, Rabu (24/4/2019).

Menurutnya, sejak jalan itu mulai berlubang telah banyak kendaraan yang berasal dari luar daerah kepergok karena tidak mengetahui kondisi badan jalan itu yang tengah rusak sehingga banyak kendaraan yang terperosok ke dalam lubang tersebut terlebih lagi di saat cuaca hujan seperti saat ini.

“Beberapa waktu yang lalu, ada truk dan mobil pick up yang terperosok ke dalam lubang itu, kejadiannya malam hari pula. Tapi masih beruntung karena tidak ada korban jiwa,” lanjutnya.

Ditambahkannya, adanya lubang di badan jalan itu terjadi akibat polongan air di bawahnya telah amblas, sehingga aspal di atasnya juga ikut amblas. Namun jika lubang itu tidak diperbaiki secepatnya, maka lama kelamaan lubang itu akan menjadi lebih besar.

“Jalan ini sangat lurus dan turunan, biasanya para pengemudi kan ngemut, jika tidak hati-hati akan masuk ke dalam lubang itu karena tidak ada plang pemberitahuan,” ungkapnya. 

Senada juga dikatakan Toni, bahwa untuk sementara semestinya pihak terkait sudah memasang papan pemberitahuan karena kondisi Jalan Sukarno Hatta Kotabumi masih mengalami kerusakan. 

“Yang parah itu di depan gedung veteran, tapi di tempat lain seperti di lampu merah kebon empat, depan pemakaman umum depan cusian mobil arah ke tugu payanmas belum lagi di depan pasar central,” tambah Toni. (***)