Rutinitas, SMP N 3 Mesuji Laksanakan Apel Pagi Menciptakan Berbagai Kegiatan Kedisiplinan Dewan Guru dan Siswa-siswi
Spread the love

Lampungjaya.news, Mesuji – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Mesuji, Desa Buko Poso, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji melakukan rutinitas apel pagi di halaman sekolah setempat dengan pembinaan terhadap dewan guru dan tenaga usaha.

Hal itu dilakukan guna menciptakan suasana belajar yang kondusif setiap hari Rabu dan Kamis sebelum memulai kegiatan belajar mengajar (KBM) pada pukul 7.30-7.45 wib.

Kepala SMPN 3 Mesuji Karnain Efendi, S.Pd., mengatakan, secara konsisten para guru terus menyosialisasikan kepada siswa-siswi tentang pentingnya disiplin dalam belajar untuk dapat mencapai hasil optimal, melalui pembinaan dan yang lebih penting lagi melalui keteladanan.

Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan kerja guru dengan melakukan evaluasi kerja, pendekatan secara personal, melalui komunikasi yang baik serta memberikan saran dan motivasi kemudian bimbingan dan kesempatan kepada guru untuk dapat menunjukan kemampuannya jika diberi tugas dan tanggung jawab terhadap ruang lingkup sekolah,” ujarnya. Kamis, (17/03/2022).

Dia menambahkan, kedisiplinan siswa-siswi menjadi sangat berarti bagi kemajuan sekolah itu sendiri. Disekolah yang tertib akan selalu menciptakan proses pembelajaran yang baik, meningkatkan disiplin siswa-siswi memang penting untuk dilakukan karena sekolah merupakan tempat bagi generasi calon pemimpin bangsa menimba ilmu pengetahuan dan berinteraksi dalam dunia keilmuan.

“Sekolah menjadi salah satu tempat bagi mereka untuk belajar tentang banyak hal agar kelak menjadi orang yang eksis dan sukses. Disiplin menjadi salah satu faktor yang dapat membantu seseorang meraih sukses, tidak terkecuali disiplin pada siswa,” harapnya.

Tak hanya itu, adapun berbagai macam kegiatan SMPN 3 Mesuji melakukan giat rutin Senam Pramuka yang dilakukan seminggu sekali demi menjaga kebugaran tubuh ditengah pandemi Covid-19.

Olahraga atau aktivitas fisik merupakan hal yang sangat penting dimasa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Olahraga atau aktivitas fisik terutama pada intensitas dan durasi sedang dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Begitu pula yang dilakukan oleh siswa-siswi, segenap Guru dan tenaga usaha SMPN 3 Mesuji, setiap hari jum’at pagi pukul 7.30-08.30 wib agenda dimulai dengan melakukan aktivitas fisik.

Tujuan di adakan kegiatan senam pagi ini guna menjaga kebugaran jasmani seluruh Guru dan tenaga usaha SMPN 3 Mesuji, Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan juga meningkatkan imun tubuh.

“Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan tubuh menjadi sehat,” ungkap Kepala SMPN 3 Mesuji, Karnain Efendi, S.Pd.

Kemudian SMPN 3 Mesuji membentuk satuan tugas (satgas) Covid-19 yang telah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Hal itu dilakukan menindaklanjuti kasus Covid-19 di sekolah menengah pertama yang sudah menyelenggarakan PTM.

Adapun siswa-siswi sebelum masuk gerbang Pengantaran dilakukan di lokasi yang telah ditentukan, Melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebelum memasuki gerbang (gerbang sekolah dan ruang kelas), mengikuti pemeriksaan kesehatan meliputi pengukuran suhu agar tercipta KBM yang maksimal.

“Selama kegiatan belajar mengajar Menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1,5 meter, menggunakan ruangan kelas dengan kapasitas maksimal 50 persen, dan Sekolah menyiapkan dukungan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan tenaga kesehatan,” pungkasnya. (Rian/san)