Sat Lantas Polres Lampung Barat Sosialisasi Tentang Penghapusan Register Kendaraan Bermotor

Lampungjaya.news, Liwa – Satuan Lalu lintas (Sat Lantas) Polres Lampung Barat Polda Lampung melaksanakan Sosialisasi tentang penghapusan registrasi kendaraan bermotor (ranmor) di Gedung Bappeda Pemda Lampung Barat, Kamis (01/12/2022).

Sosialisasi tentang penghapusan registrasi ranmor diikuti oleh 14 BUMDES (Badan usaha milik desa) Kabupaten Lampung Barat, pada hari Rabu, (30/11/2022)

Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho,S.Ik.,M.H. mendampingi Kasat lantas Iptu David Pulner,S.H. melalu Kanit Regident Ipda Dimas Afditiya R, S.E, M.M. menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk memberikan informasi tentang penghapusan register ranmor untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam pengesahan/perpanjang STNK, pembayaran PKB dan SWDKLLJ.

Dan perlu diketahui PKB (pajak kendaraan bermotor) dan SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalulintas jalan) merupakan pendapatan asli daerah untuk mendukung pembangunan daerah.

Dimas menyampaikan bahwa tujuan registrasi ranmor adalah untuk tertib administrasi, pengawasan, pengendalian, pengoperasian ranmor dijalan, mempermudah penyidikan pelanggaran/kejahatan, dan rencana pembangunan Nasional.

Berdasarkan pasal 74 UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan, bahwa “Penghapusan registerasi ranmor dilaksanakan oleh Polri, sebagai pelaksana urusan pemerintah dibidang regident ranmor,” jelas Dimas.

Tahapan penghapusan registrasi ranmor diawali dengan pengiriman peringatan kepada pemilik ranmor baik secara manual maupun elektronik.

Mekanisme penghapusan registrasi ranmor adalah memberikan 3 kali peringatan kepada pemilik ranmor yaitu 3 bulan sebelum penghapusan, apabila dari ketiga peringatan tidak ada tanggapan, maka ranmor akan dihapus dari registrasi.

Penghapusan regident ranmor dilakukan dengan memberikan catatan atau tanda cap stempel “hapus” pada kartu induk, buku register, BPKB, STNK, dan pada sistem manajemen register ranmor,” ungkap Dimas. (Ipung)