Sebanyak 100 Peserta Tingkat SMP Dan SMA Ikuti Ajang Pemilihan Putra Putri Duta Lingkungan Hidup

Lampungjaya.news, Mesuji – Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan ajang pemilihan putra-putri terbaik untuk dijadikan Duta Lingkungan Hidup, bertempat di GSG Taman Kehati, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu (19/11/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agung Subandara, S.IP., mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan proses interview 100 peserta siswa-siswi dari jenjang tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Mesuji.

“Panitia Dinas Lingkungan Hidup sedang melakukan seleksi 100 peserta yang akan dikerucutkan menjadi 24 peserta. Dan selanjutnya nanti dari 24 peserta akan menjalani proses karantina, setelah itu akan di umumkan 2 pemenang peserta putra – putri terbaik yang akan menjadi Duta Lingkungan Hidup dan pemenang favorit,” ujarnya.

Kemudian itu, lanjut Agung Subandara, dengan diadakan ajang pemilihan Duta Lingkungan Hidup ini menjadi role model yang mengkhususkan diri untuk menjalankan tugas berkaitan dalam isu lingkungan hidup. Dan menghasilkan generasi muda yang memiliki intelektualitas, etika, tanggung jawab yang tinggi terhadap dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat.

“Pemilihan duta lingkungan hidup ini merupakan putra – putri terbaik Kabupaten Mesuji yang akan dipilih untuk mengkampanyekan dan menjadi motivator serta penggerak dalam pelestarian lingkungan,” jelasnya.

Agung Subandara mengungkapkan, ajang pemilihan duta lingkungan hidup tahun 2022 Kabupaten Mesuji ini merupakan event edisi kedua yang sebelumnya sudah dilakukan pada tahum 2019 lalu. Penyelenggaraanya melalui ajang pemilihan pencarian pemuda-pemudi cerdas, memotivasi, inspiratif, nasionalis dan kepemudaan.

Duta lingkungan hidup ini sendiri merupakan mediator antara masyarakat dan pemerintah dalam hal menjaga lingkungan atau sebagai representasi pemerintah dan masyarakat.

“Disatu sisi, putra-putri duta lingkungan hidup ini akan mengemban tanggung jawab untuk melaksanakan program yang sudah dirancang oleh Pemkab Mesuji dan menjadi panutan masyarakat yang memberikan pola – pola edukatif dalam menjaga lingkungan,” pungkasnya. (Sn/rian)