Semarak Hari Bakti Pemasyarakatan Ke - 60, Lapas Way Kanan Laksanakan Penyuluhan Kesehatan Bersama Puskesmas Negeri Baru
Spread the love

Lampungjaya.news, Way Kanan – Dalam rangka Perayaan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Way Kanan bekerjasama dengan Puskesmas Negeri Baru melaksanakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan kepada seluruh Warga Binaan Lapas Way Kanan, Rabu (17/04/2024).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Lapas (Kalapas) Way Kanan, Syarpani didampingi Pejabat Struktural dan jajaran staf keperawatan Lapas Way Kanan, dari pihak Puskesmas Negeri Baru dihadiri oleh Sofyan Hadi selaku penanggung jawab SPK beserta tim.

Kegiatan penyuluhan Kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi kesehatan WBP di Lapas Way Kanan baik fisik, mental, spiritual, maupun sosial.

Dalam sambutnya Syarpani menyampaikan tujuan kegiatan ini guna meningkatkan kesadaran warga binaan terkait pola hidup sehat.

“Kegiatan penyuluhan kesehatan ini merupakan kegiatan dari program pembinaan kesehatan fisik dan psikososial bagi petugas dan warga binaan sekaligus salah satu agenda perayaan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60. Adapun, tujuannya guna meningkatkan pengetahuan dan perubahan perilaku bagi warga binaan menjadi perilaku hidup sehat,”ungkap Kalapas

Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan informasi kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat oleh petugas Puskesmas Negeri Baru, Sri Utami selaku Promkes kepada warga binaan yang telah berkumpul di halaman blok hunian Lapas Way Kanan. Sri Utami menyampaikan kesehatan merupakan suatu hal yang sangat vital untuk setiap manusia, apalagi manusia-manusia yang sedang menjalankan pembinaan di Lapas atau Rutan yang notabene sangat berhimpit-himpitan dalam kesehariannya. Oleh karena itu beliau menjelaskan beberapa indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Lapas yaitu menjaga kebersihan diri, rajin beraktivitas fisik, selalu menggunakan air bersih, membuang sampah pada tempatnya, merokok pada area yang telah disediakan, tidak meludah sembarangan, dan memberantas jentik nyamuk.

Kalapas berharap dengan diadakannya penyuluhan yang di lakukan oleh Puskesmas Negeri Baru, lingkungan Lapas Way Kanan dapat lebih baik lagi kedepannya dan Lapas Way Kanan bisa terhindar dari penularan penyakit dengan hidup yang sehat dan bersih. (*/smsi_wk)