Tingkatkan Kompetensi Guru, Dinas Pendidikan Bekerjasama dengan FKIP Unila Gelar Pelatihan Bimbingan Konseling Jenjang Pendidikan Dasar
Spread the love

Lampungjaya.news, Way Kanan – Dalam rangka meningkatkan Kompetensi Para Tenaga Pendidik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan bekerjasama dengan Program Studi Bimbingan Konseling dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) menggelar Pelatihan Bimbingan Konseling jenjang pendidikan dasar, bertempat di gedung serbaguna (GSG) Kabupaten Way Kanan. Selasa, (28/02/2023).

Hadir dalam acara, Asisten 1 Kabupaten Way Kanan, Selan, S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Machciavelli Herman Tarmizi, S.STP., M.Si, Citra Abriani Maharani, M.pd.kons dari FKIP Unila, dan Moch Johan Pratama, M.psi.psikolog, serta para Peserta Bimbingan Teknis BK, dari Sekolah Dasar (SD) dan menengah pertama (SMP) Se-Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Machciavelli mengatakan, Bimbingan Teknis konseling ini dihadiri oleh 298 guru SD Negeri dan 19 guru SD Swasta dan untuk Jenjang Menengah Pertama di hadiri oleh 63 guru SMP Negeri dan 30 Guru Swasta.

Machiavelli juga mengatakan, bahwa guru bimbingan konseling atau dengan kata lain guru bimbingan penyuluhan (guru bimpen), memiliki peran penting dalam keberhasilan setiap siswa, agar bisa menjalani proses pendidikan di sekolah dengan sebaiknya,

Dan tak kalah pentingnya, mereka juga bisa mendeteksi dini perkembangan Psikologi anak. Sebagai guru bimbingan konseling, mereka juga bisa lebih dekat dengan siswa disamping dengan guru-guru lainnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Way Kanan sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek ini, karena para peserta yang hadir hampir mencapai 98 persen, ini merupakan bentuk Inovasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Way Kanan untuk tetap meng-upgrade dan meningkatkan kompetensi guru di semua bidang. (smsi_wk)